kontak form email di website

Keuntungan memasang kontak form di website

Sebagian pembaca artikel ini mungkin sudah mengerti bagimana dan apa keuntungan yang diperoleh jika kita memasang kontak form di website kita, dan beberapa keunggulan lainnnya. Tetapi banyak juga yang belum mengerti mengapa kita diharapkan memasang kontak form di website kita. Sisi negatifnya adalah kita mendapat kiriman pesan dari spammer yang tidak jelas (web bahasa Indonesia di spam dengan web bahasa Rusia 😆 ). Untuk spammer abaikan saja, toh itu hanya masuk ke email diluar server kita, sisi positifnya banyak diantaranya adalah kita dikontak oleh orang atau calon pembeli produk kita.

kontak form email di website

Kali ini saya hanya mau memberikan sedikit pengalaman saja. Suatu hari ada email masuk yang mengabarkan mau order produk saya, saya tidak tau mengapa email order masuk melalui alamat tersebut padahal saya hanya menggunakan alamat email ini untuk digunakan menerima pesan melalui kontak form website. Nah dari sinilah saya sangat merasakan bagaimana sesuaitu yang tidak diduga akan diterima hanya dengan memasang kontak form yang sederhana. Ini satu pengalaman saya saat menerima order tak terduga,.

Kontak form sebenarnya sangat mudah untuk dipasang, jika kita menggunakan wordpress kita tinggal memilih salah satu plugin yang ada. Plugin yang saya pakai hingga saat adalah plugin Contact Form 7 mengapa saya memilih plugin ini? Alasannya hanya karena mudah dan kita juga mudah untuk membuat form-form yang lain hanya dengan berkreasi memakai plugin ini, diantaranya saya pernah membuat pendaftaran suatu kursus, pendaftaran, sekolah dan lain-lain yang bisa saya kreasikan. Bagaimana cara menggunakan plugin ini secara dasar? silahkan lihat video berikut:

Inti dari video diatas adalah bagaimana menginstal plugin, kemudian memasang pada halaman statis yang kita beri judul halaman kontak person. Pada halaman itu jika ada orang bertanya dan tidak mengetahui email kita tinggal isi saja form nya kemudian klik kirim maka pesan terkirim ke kita dan jika kita sebagai pemilik web ingin membalas maka kita cukup mereply email tersebut tanpa harus membuka website kita. Kelemahan dari plugin ini adalah chat yang terkirim tidak tersimpan dalam database kita tetapi hanya tersimpan di email, lain lagi jika plugin ini bisa menyimpan chat dalam database maka akan sangat membantu kita untuk pengembangan bisnis online kita.

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Check Also

kelemahan openvpn free

Kekurangan openVPN free menurut saya

Setelah kemarin saya buat tutorial singkat tentang openVPN walau mungkin agak sulit difahami, karena memang belum …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.