Saturday , 26 November 2022

Belajar Membuat Web Secara Offline

Sebenarnya yang saya tulis ini adalah pelajaran yang sudah lama ada dan pastinya banyak tulisan sejenis yang ditemukan di google search. Tetapi saya belum menulis, oleh karena itu muncul keinginan menulis tentang belajar membuat web secara offline. Ide dasarnya sebenarnya muncul saat saya ingin mencoba aplikasi yang berhubungan dengan webserver, dan kebetulan saya lakukan di localhost.

Saat itu saya mencoba aplikasi dan menemui kendala penyesuaian versi PHP, nah dengan server model localhost ini ternyata sangat mudah untuk menginstal PHP dengan berbagai versi, tinggal unduh file PHP nya di web resmi PHP dan kemudian extract dilokasi folder PHP, restart apache dan sudah selesai.

Begitu mudahnya instalasi lalu saya kepikiran bagaimana mencoba atau belajar dasar membuat website dengan cara localhost atau selanjutnya saya sebut offline. Saya dulu waktu awal belajar juga menggunakan cara offline ini, tetapi saya mengalami kesulitan karena saat itu saya tidak tahu bagaimana membatasi belajarnya.

Belajar disini saya sarankan bagi yang memang belum pernah membuat website sama sekali. Sedangkan bagi mereka yang sudah pernah atau sudah mahir membuatnya, sama sekali tidak saya sarankan kecuali memang dibutuhkan saja. Kapan dibutuhkan dan kapan tidak tentunya mereka yang kelas menengah dan lanjut sudah faham apa yang mereka butuhkan.

Belajar Membuat Web Secara Offline

Belajar disini saya maksudkan mulai instalasi wordpress secara manual, sehingga saat anda memiliki hosting bisa instal sendiri secara amnual, kemampuan instal manual ini memang sangat jarang dibutuhkan teteapi penting untuk editing dan maintenance website.

Saya mulai saja, instalasi website secara offline membutuhkan webserver yang ada di komputer kita. Nah bagaimana cara instal webserver yang ada di komputer kita? saya sendiri dulu meggunakan XAMPP kemudian saya mencoba lainnya yaitu Laragon. Terus terang saat ini saya lebih nyaman dengan laragon, silahkan download di situsnya ya, biar file yang didapat asli tanpa takut ada inject script yang tidak dibutuhkan dan kadang membahayakan komputer kita.

Setelah instal laragon kemudian kita instal wordpress, silahkan download filenya yang ada di situs resminya dengan alasan yang sama seperti download laragan ataupun XAMPP. Setelah berhasil download file wordpress, selanjutnya buat folder di dalam folder www di laragon. Folder ini fungsinya sama dengan kita membeli domain untuk website kita. Sedangkan laragon fungsinya sama dengan kita membeli hosting.

Kalau sudah diekstrak tinggal kita panggil saja domain atau nama folder kita di browser dengan cara ketik localhost/nama_folder setelah memanggil otomatis kita dilanjut ke langkah instalasi. Ikuti saja dan isi sesuai form yang ada. Jika bingung memakai bahasa inggris, pakai saja bahasa Indonesia. Tetapi saya sendiri bingung dengan istilah Indonesia maka biasanya saya memakai istilah inggris dalam membuat website offline ini.

Selanjutnya silahkan dicoba apa saja mulai dari mengganti template, plugin, cara posting artikel dan editing. Saya sarankan anda juga sedikit belajar tentang php karena ini merupakan dasar dari wordpres, agar kita tidak butuh arah. Tidak perlu mahir, tetapi kalau mahir ya sangat bagus lah… silahkan belajar PHP disitus w3schools.com, disana anda bisa belajar secara free alias gratis atau berbayar. saran saya yang gratis dulu, insyaallah sudah cukup.

Nah selanjutnya anda praktek pada website offline tadi tanpa takut salah, karena jika salah tinggal hapus dan instal lagi, tanpa memerlukan internet sehingga kecepatannya secepat komputer anda. Silahkan belajar sepuasnya. Jika dirasa cukup maka segera buat secara online. Yang mana membuat website secara online ini lebih mudah lagi karena sudah disediakan fasilitasnya oleh pemilik hosting, kecuali anda membeli server sendiri misal VPS (virtual private server, silahkan baca artikel saya tentang VPS dan manfaatnya)

Update : setelah tujuh hari saya publish ternyata sesuai dengan dugaan bahwa artikel ini kurang menarik untuk dibaca, karena mungkin belajar offline tidak menarik lagi seperti jaman dahulu. Mungkin ini disebabkan sekarang internet sudah lebih murah dan lebih cepat daripada jaman dahulu.

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.