Pebisnis Online Wajib Mempunyai Website

Sebelumnya telah saya uraikan bagaimana memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget atau modal keuangan kita nah dalam artikel ini akan dilanjutkan mengenai pentingnya memiliki website. Menurut saya seorang pebisnis online wajib memiliki website walau ada juga orang mengatakan tidak harus memiliki website tetapi bisa saja membuat semacam fanpage di facebook atau membuat postingan di market place seperti tokopedia, lazada dan juga bukalapak serta masih banyak contoh dari market place ini dan secara standar itu gratis kecuali biaya internet saja yang dibutuhkan. Saat kita mempublikasikan barang atau jasa yang kita jual di market place secara standart kita tidak membutuhkan hosting atau server juga tidak membutuhkan domain, otomatis semua gratis tetapi sekarang kenapa saya katakan bahwa “pebisnis online wajib memiliki website?”

Jawabannya adalah sederhana, karena website bisa membantu kita untuk memiliki nilai lebih daripada sekedar postingan disebuah marketplace, orang menjadi lebih yakin dengan identitas kita aplagi kita memberikan beberapa standart menu website yang harus ada atau ditampilkan (nanti dibagian bawa akan saya uraikan beberapa bagian tersebut yang akhirnya membantu keyakinan pembeli). Dengan memiliki website kita bisa menyimpan data barangkita sebanyak mungkin disana tanpa dibatasi karakternya, jadi kita bisa memberikan penjelasan sedetail mungkin kepada para pengunjung yang nantinya diharapkan akan menjadi konsumen jasa atau barang yang kita tawarkan. Pada website juga kita dibebaskan (karena memang milik sendiri) untuk menampilkan identitas kita sejelas mungkin. Untuk memudahkan penjelasan berikut ini beberapa keuntungan memiliki website sendiri tidak sekedar posting di market place.

  1. Menampilkan identitas ==> dengan menampilkan identitas atau ciri khas dari barang atau jasa yang kita jual maka kita bisa lebih mudah diingat dan dikenali oleh para pelanggan kita, di market place kita tidak boleh memasang nomor WA atau identitas yang nantinya akan membeli langsung ke kita tanpa menggunakan mereka lagi karena jika boleh maka mereka akan rugi karena tidak ada uang jasa untuk penitipan barang
  2. Menguatkan keyakinan calon pelanggan ==> dengan adanya alamat website yang resmi dan disertai data yang lengkap pendukung kepercayaan calon pelanggan agar mengambil barang di kita
  3. Meningkatkan nilai bisnis kita ==> di dalam website nanti kita harus menampilkan beberapa data yang saya anggap bisa meningkatkan nilai bisnis kita terutama kepercayaan calon konsumen.

Pebisnis Online Wajib Mempunyai Website

Sebagaimana yang saya katakan diatas bahwa memiliki website kita banyak memiliki keuntungan, tetapi kita sebagai seorang pebisnis online tidak boleh membuat sembarangan website oleh karena itu ada beberapa halaman yang wajib ada disana agar mendukung atau memberikan keuntungan tersebut diantaranya adalah :

  • about us atau yang lebih dikenal dengan “tentang kita”, dalam halaman ini kita menjelaskan siapa kita dan juga latar belakang kita terkait dengan bisnis yang kita tawarkan, mengapa orang harus memilih kita tidak orang lain semuanya ini harus ada di halaman ini
  • kontak kita, pada halaman kontak kita bisa berisikan mulai dari nama kita dan nama tim kita serta telepon bisa HP, whatsapp atau telegram serta kita juga bisa menampilkan alamat kalau bisa disertai dengan peta lokasi sehingga orang lebih percaya daripada kita hanya memasang nomor telepon saja dan sebagai pengalaman saya memasang nomor telepon kabel (wired telepon misal telkom) itu lebih dipercaya oleh konsumen kita yang ukuran menengah keatasĀ  artinya mereka lebih mudah mencari kebenaran alamat kita hanya dengan tanya ke telkom dengan menyebutkan nomor telepon atau di balik menyebutkan alamat dan kita tanya nomor telpon nya jika memang benar maka datanya akan pas dan dengan demikian orang yakin bahwa kita tidak menawarkan sesuatu yang fiktif atau scam (penipuan)
  • Peraturan transaksi, pada setiap transaksi sering kali kita terjebak aturan yang tidak kita buat tetapi berdasarkan asumsi orang luar oleh karena itu untuk menjaga hubungan yang baik setelah transaksi sebaiknya kita membuat kesepakan didepan misal saja cara pembayaran, cara pengiriman, cara garansi, cara pengembalian barang serta cara meminta support kepada kita. Peraturan ini dibuat agar kita tidak jatuh dalam lingkaran saling menyalahkan jika ada masalah dikemudian hari, dan sebagiknya peraturan dibuat semudah dan seefesien mungkin agar bisnis kita lebih mudah berkembang. Peraturan ini tidak mungkin ada di store dalam market place karena peraturan ini ikut dan sudah ditentukan oleh pemilik market place lihat saja bukalapak, tokopedia, lazada, shopee, face book dan lainnya.
  • Detail produk, kalau halaman detail produk bisa ditaruh pada satu halaman khusus jika barangnya atau jasanya hanya satu tetapi jika barangnya atau jasanya banyak berjumlah puluhan macamnya maka kita letakkan dalam halaman posting. Pada halaman ini kita bisa dengan detail menceritakan jasa atau barang kita bahkan kita bisa menampilkan foto atau video semau kita beda dengan market place seperti tokopedia dan sebangsanya yang dibatasi jumlahnya

Intinya kita sebagai pebisnis online akan memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan penjual lain yang hanya memiliki atau posting di market place contohnya saja wongmultimedia.com berbentuk postingan artikel penjelasan produk atau wong-multimedia.com berbentuk toko online keduanya itu diantara sekian website bisnis saya dibidang pendidikan, maaf saya buat contoh agar lebih mudah menjelaskan. Dalam tulisan ini saya tetap menyarankan agar tetap menawarkan jualannya di market place semakin banyak macamnya semakin baik walau yang utama adalah website kita, jadi saat chat dengan mereka calon konsumen kita dan membutuhkan penjelasan detail yang lebih panjang kita cukup memberikan link saja ke mereka tentunya linknya tidak boleh hidup agar kita tidak melanggar peraturan mereka, link bisa ditulis dalam gambar barang dan semacamnya yang penting kita lebih kreatif saja. Demikian penjelasan saya singkat ini semoga bisa memberikan inspirasi kepada pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.