Saturday , 26 November 2022

Memeriksa Link dalam Website

Apa gunanya memeriksa link dalam website? apa perlunya kita lakukan? Sebelum menjawab itu, alangkah baiknya kalau saya sedikit membahas masalah membangun link atau backlink baik yang internal link maupun eksternal link. Saat kita membangun website dan melangkah untuk membangun kekuatan website kita mau tidak mau harus memikirkan link atau tautan. Tautan atau link yang paling mudah kita buat adalah membangun link dalam website sendiri, dengan cara membuat tautan antar post dalam satu website.

link broken checker

Nah celakanya kadang link yang kita buat itu rusak hanya gara-gara kita merubah struktur permalink atau bisa juga kita mengganti domain dan masih banyak penyebab lainnya. Intinya link yang kita buat tadi rusak alias tidak menghubungkan ke posting atau alamat yang dimaksud. Sialnya link ini terindeks oleh google sehingga saat ditampilkan di mesin pencari google akan menuju ke 404 error link atau alamat lain yang memang tidak ada.

Hal ini kemudian dibaca oleh google sebagai sesuatu yang salah dan bermasalh di website kita. Tanpa pemberitahuan kita hilang di mesi pencari. Namun saat dideteksi di webmaster google masih ada. Dahulu ini namanya sandbox (nggak tahu kalau sekarang hehehe….). Celakanya untuk keluar sandbox ini belum diketahui dengan pasti.

Ada beberapa hal dasar yang pasti bisa kita lakukan yaitu dengan memperbaiki yang jelas kita tahu yaitu memperbaiki link builder kita. Saya biasa memakai plugin WP yan bernama link checker. Plugin ini sebenarnya sudah saya instal lama tetapi penggunaannya baru saya gunakan. Awalnya salah menggunakan sehingga semua gambar saya hilang karena memang saya klik hapus link, eh ternyata itu gambar yang saya posting di website 😆

Nah berdasarkan pengalaman saya begini cara menggunakannya :

  1. kita deteksi dulu dengan cara klik search all type link atau kalau tidak ya dibiarkan saja nanti plugin WP ini akan memeriksa website kita secara default tiap 72 jam sekali atau 3 hari sekali
  2. jika ketemu link yang rusak atau broken link maka kita akan mendapat email dari administrator website kita
  3. kemudian kita edit link kita dan lakukan recheck agar diperiksa ulang apakah sudah benar
  4. langkah terakhir memastikan dengan mengedit posting yang ditunjuukan sebagai link rusak tadi, agar kita mengetahui secara langsung apa sudah benar.

Hanya 4 langkah itu saja yang perlu kita lakukan agar link yang rusak segera bisa diperbaiki. Fungsi lain dari plugin ini adalah memeriksa linkbuilder kita, karena hasil pemeriksaan link tidak hanya menampilkan link yang rusak saja tetapi semuanya ditampilkan dan digolongkan dalam masalahnya sendiri. Semoga ini bisa membantu.

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.