Pengalaman memakai keyboard logitech K480

Saat ini memang banyak produk keyboard wireless yang canggih, salah satunya yang saya punyai adalah K480 merk Logitech, walau saat pertama kali memakai saya kecewa karena beda dengan persepsi saya saat membeli tapi akhirnya saya cukup bersyukur karena keyboard ini sangat membantu dan meringankan kerja saya.

Alasan utama saya membeli keyboard K480 adalah dia wireless dengan memakai jaringan bluetooth dan telah kita ketahui bersama bahwa jaringan ini lebih stabil daripada lainnya dan yang terpenting adalah hampir semua peralatan elektronik misal Hand Phone atau smart phone, Tablet serta laptop yang jaman sekarang sudah pasti disertai dengan jaringan bluetooth ini.

Ada beberapa hal yang menjadi kelemahan keyboard ini adalah dia tidak dengan mudah sambung pada peralatan lama misal HP jenis lama yang versi bluetooth nya rendah. Sebut saja OPPO seri A. Pada kasus sambungan dengan HP OPPO seri A tersebut, kita akan merasa banyak troublenya yaitu jika digabungkan dengan wifi maka akan terasa lambat alias tidak responsive dalam mengetik, yang kedua adalah sering harus kita setting ulang dengan cara unpair dan dideteksikan ulang untuk bisa ketik dikarenakan sempat double dengan peralatan lainnya. Saya tidak tahu persis apa sebabnya, apakah karena keyboard K480 ini atau hp OPPO saya yang bermasalah. Bahkan yang lebih menjengkelkan adalah HP harus restart agar bisa ketik memakai keyboard ini.

Kasus diatas ternyata tidak terjadi pada jenis HP yang mempunyai kelas diatas milik saya, semuanya lancar tidak ada trouble dengan delay ketikan dan juga hemat bateray nah saya saat ini mau mencoba varia versi bluethoot karena menurut informasi ini berpengaruh apada daya tahan baterai di keyboard logitech seri K480 ini, hasil dari pengujian akan saya update pada artikel ini. Saat ini saya memakai bluethoot versi 4.0 dan yang saya rasakan adalah waktu pairing yang agak lama dan juga daya tahan baterai sangat tipis sehingga sebelum 3 bulan sudah ganti baterai lagi pada keyboardnya padahal dari informasi di website resmi logitech daya tahan baterainya bisa sampai 2 tahun, tunggu saja hasilnya ya nanti saya update.

Update hasil : setelah menggunakan bluethoot versi 5.0 terasa bahwa keyboard lebih responsisf, tidak mudah putus saat kita diam beberapa saat dan mudah sambung lagi saat kita selesai sleep atau hibernate. Saya periksa baterai yang biasanya ditinggal dalam kondisi sleep komputer akan berkurang dayanya, ini tidak berkumrang atau hampir tidak berkurang oleh karena itu saran saya sebaiknya mengunakan bluethoot versi 5 atau lebih tinggi lagi jika ada.

keyboard wireless bluetooth K480 Logitech

Tetapi biarpun demikian asal kita sabar dalam pindah-pindah peralatan maka kita akan merasa peralatan ini sangat membantu, sabar dalam hal ini adalah kita nyalakan bloethoot untuk HP OPPO kita kemudian pada HP baru kita nyalakan aka akan terdeteksi, kalau dengan cara demikian biasanya trouble atau masalah jarang ditemua, bahkan nyaris lancar anpa hambatan.

Keunggulan keyboard logitech K480 ini adalah kita bisa membuat sambungan bluetooth dengan 3 peralatan sekaligus, dan untuk pindah tinggal putas kenop dan tekan deteksi bluetooth saja dengan menekan cepat tidak perlu lama. Untuk pengguna awal saya sarankan pelajari dengan baik keunggulan dan kelemahannya maka kita bisa mengatasi kelemahan keyboard ini dengan baik jika kita mengetahui kelemahannya.

Kesimpulannya dari beberapa kali percobaan dn pengalaman beberapa bulan menggunakan keyboard logitech K480 adalah sebagai berikut :

  1. jika ingin menghubungkan dengan android seyogyanya menggunakan android versi yang baru serta pastikan menggunakan bluethoot nya versi tinggi, karena jika tidak maka keyoboard tidak responsis dan mudah putus serta lama dalam pairing
  2. jika tetap menggunakan handphone lama maka harus mematikan fasilitas wifi agar tidak terjadi crash komunikasi yang menyebabkan keyoboard tidak responsif (mengetik beberapa saat baru muncul hurufnya atau ada jeda antara munculnya huruf dengan ketika kita ketik huruf dipapan keyboard logitech ini.
  3. jika ingin disambung ke PC silahkan pakai bluethoot versi 5 atau lebih tinggi jika tidak maka baterai cepat habis, secara normal seharusnya 2 tahun menjadi hanya bertahan 2 – 3 bulan saja, jadi akan membutuhkan biaya tinggi karena baterai sering ganti.

Demikian ulasan saya agar dapat membantu para pembaca, ulasan ini tidak bermaksud jualan karena tidak ada link affiliasi yang saya pasangkan pada postingan ini. Postingan ini murni atas dasar sya suka dan ingin bercerita tentang keyboar K480 merk Logitech. Saya sudah cukup berjualan software sekolah atau aplikasi pesantren yang sekarang sudah berkembang dengan kelengkapan bidang android. Jika ada ang tertarik silahkan kunjungi web resmi kami wongmultimedia.co.id (web yang resmi karena beli domainnya harus memakai akta pendirian usaha serta SIUP dan juga KTP yang jelas masih belaku). Semoga bermanfaat, aamiin!

2 Comments
  1. 7 months ago
    Dewi

    Kalo misal batere baru. Masuk..kita nyalakan..hanya nyala 5detik trua mati. Itu artinya rusak? Saya baru beli k480. Masuk batere hanya tahan 5detik. Awal beli ga masalah. Seminggu kemudian begitu

    Reply
    • 7 months ago
      Fauzi

      kalau beli baru seminggu atau dibawa 1 thun sebaiknya dimasukkan dalam garansi saja, saya yakin kalau barang original pasti diterima untuk perbaikan oleh logitech, tetapi terus terang selama ini saya belum pernah menggunakan fasilitas ini karena selama ini masih normal-normal saja

      Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.