7 Kreteria pemilihan smartphone

Saya bukanlah orang yang sangat gemar dengan barang semacam smartphone, bagi saya satu smartphone yang saya punya saat ini yaitu oppo yoyo sudah cukup bagi kebutuhan saya walaupun diawal pembelian hingga beberapa bulan saya kecewa karena kekurangan oppo yoyo di sistem memory nya tetapi kemudian telah diperbaiki dengan langkah yang cerdas oleh smartphone oppo tersebut. Perkembangan smartphone yang ada saat inipun tidak menggugah keinginan saya untuk berganti yang baru, ada beberapa alasan yang membuat saya mengambil keputusan demikian.

Tulisan ini sudah sangat lama dan saat ini kurang relevan, oleh karena itu perlu saya update beberapa hal berhubungan dengan kreteria pemilihan smart phone jaman sekarang tahun 2020. Diantaranya saata ini oppo yoyo sudah tidak cukup untuk kebutuhan saya khususnya, dan saya yakin bagi sebagian besar orang juga tidak cukup karena adanya keterbatasan memory dan juga prosesor yang kurang memadai untuk aplikasi tahun 2020 ini.

Alasan saya kurang tertarik dengan perkembangan smartphone sementara ini yang paling utama adalah berhubungan dengan fungsi gadget tersebut. Ini menurut saya adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh seseorang dalam membeli smartphone baru, bukan hanya karena gengsi atau alasan ingin dipandang lebih oleh orang lain terutama teman-temannya (orang lain mungkin tidak peduli jika handphone anda adalah handphone termahal di dunia, karena mungkin orang tersebut seperti saya yang tidak mengerti handphone mahal). Sebuah alat komunikasi yang dibutuhkan saat ini harus bisa melakukan beberapa hal berikut ini agar dikatakan sebagai alat komunikasi yang memadai, yaitu (update nopember 2020 saya edit untuk 7 kreteria smartphone) :

  1. bisa untuk berbicara atau telpon bahkan video call
  2. bisa sms yang sekarang jarang tetapi sudah memakai WA, Telegram dan email (email juga sudah jarang). Penggunaan WhatsApp untuk bisnis saat ini sudah sangat penting, silahkan baca artikel https://fauziwong.com/apa-manfaat-whatsapp-bisnis-untuk-anda.html
  3. bisa chatting melalui berbagai platform misal whatsapp (WA) dan telegram
  4. bisa email dengan cepat dengan berbagai akun baik domain pribadi atau lainnya misal gmail.com, yahoo.com dan lain sebangsanya. Menu ini masih digunakan sampai saat ini. Walau ada banyak orang yang jarang menggunakan email tetapi saat pandemi penggunaan email untuk pembelajaran secara online terutama pembuatan akun sarana DARING sangat diperlukan.
  5. browsing di dunia internet yang cepat sesuai dengan kecepatan jaringan yang ada, ini sangat penting. Kecepatan akses internetnya baik melalui WiFi ataupun melalui paket data internet provider.
  6. aplikasi pendukung misalnya notes, dropbox dan lain sebangsanya. Sampai saat ini masih diperlukan tetapi google telah menyediakan lebih dari cukup untuk sekedar pengguna pemula sampai semi profesional.
  7. yang terakhir dan paling penting yaitu semuanya terintregrasi dalam satu layanan sehingga semuanya terasa bagai smart, dan oleh karena itu banyak yang menyebutnya smartphone

Kesimpulannya yang saya uraikan disini adalah, jika kita jujur pada hati nurani tanpa niat pamer ataupun menjaga gengsi tentunya kita sudah cukup dengan tujuh kreteria perangkat handphone yang kita beli. Tetapi ini hanya pendapat saya pribadi, jangan dianggap sebagai suatu keharusan. Saya hanya menyarankan bagi siapa saja yang keuangannya pas-pasan atau hanya cukupan tidak berlebih sebaiknya menggunakan 7 kreteria pemilihan smartphone yang saya uraikan di atas, sehingga tidak terjebak dalam perlombaan tikus yang ingin dilihat serbah wah dan heboh. Terima kasih telah membaca tulisan saya semoga bermanfaat, amin!

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.