Apa manfaat WhatsApp Bisnis untuk Anda?

Apa manfaat WhatsApp Bisnis untuk Anda?

Seperti yang sudah saya tulis terlebih dahulu mengenai manfaat whatsapp secara umum (baca “Manfaat WhatsApp Untuk Pengembangan Bisnis Online“) kemudian saya mencoba memanfaatkan fasilitas yang ada di whatsapp secara umum, tetapi ada rasa kurang jika itu digunakan untuk pengembangan bisnis, ini menurut saya.

Kemudian saya beralih ke whatsapp yang versi bisnis, walau versi ini sebenarnya masih belum versi yang full diluncurkan terbukti banyak sekali update setiap saat dan untungnya updatenya itu menuju kepenambahan fasilitas yang lebih bagus. Walaupun begitu, WA bisnis dikembangkan dan dilengkapi untuk sarana bisnis tetapi ada banyak kelemahan dan kekurangan menurut saya disamping banyak juga kelebihannya.

Pada tulisan saya kali ini mau menulis apa kekurangannya dan juga apa kelebihannya dibandingkan dengan whatsapp versi standar.

Kita mulai dari kelebihan whatsapp versi bisnis dibandingkan versi standart, penilaian ini menurut saya berdasarkan pengetahuan saya jadi kalau anda pembaca menilai berbeda silahkan saja, syukur – syukur nda mau menuliskannya di kolom komentar maka saya akan sangat senang hati. Berikut kelebihan WA bisnis :

  1. Ada menu jawab otomatis yang bisa ditujukan kepada orang yang menghubungi kita, nah disini ada setting balasan ini hanya kepada orang yang diluar kontak atau kepada semuanya, dengan demikian kita mempunyai kebebasan membalas otomatis ini
  2. Ada menu jawab otomatis saat WA tidak aktif, atau sapaan saat orang pertama kontak kita. Pernah saya terapkan tetapi saya kok jadi malu soalnya ada seseorang yang sekedar menyapa tapi jawaban Wa kita jawaban resmi (karena tidak ada setting kepada siapa balasan ini ditujukan)
  3. Ada menu katalog produk, menu ini bagus untuk menampilkan produk kita kepada orang yang melihat profil whatsapp kita tetapi sayangnya untuk memasukkan katalog ini ada moderasi yang kadang cukup ribet dan tidak dengan mudah disetujui, mungkin kedepannya bisa dibuat lebih mudah lagi toh sudah ada aturan disclaimener dari WA bisnis bahwa produk bukan tanggung jawab dari mereka.
  4. Ada nama perusahaan yang tercantum di WA, sehingga orang yang tag kita di sebuah grup maka nama yang muncul adalah nama bisnis kita bukan nama pribadi kita. Menu ini menurut saya bagus untuk promosi yang selanjutnya orang klik lihat profil kita dan selanjutnya orang lihat katalog yang kita buat.
  5. Pada profil sudah tercantum lengkap mulai dari nama usaha, diskripsi, jam buka, alamat, link website utama dan cadangan. Menu inilah yang paling saya sukai karena sama dengan kartunama yang lengkap saat orang melihat profil kita
  6. Menu jawab untuk pertanyaan yang sudah biasa ditanyakan. Pada menu ini kita bisa memasukkan jawaban pertanyaan yang biasa ditanyakan orang sehingga kita tinggal klik shortcut sudah selesai dan terjawab pertanyaan itu tanpa kita menulis ulang, seperti diskripsi produk kemudian diberi link menuju website kita.

Apa manfaat WhatsApp Bisnis untuk Anda?

Ini semua keuntungan menggunakan whatsapp versi bisnis, nah berikutnya apa kerugiannya? Ini adalah kerugian menggunakan whatsapp bisnis

  1. Tidak bisa melakukan panggilan bersama dalam satu grup
  2. Jika setting kita sembrono maka orang yang mengirim pesan mengira salah alamat karena dipikir orang lain yang menjawab, nah ini saya ada solusinya yaitu pakailah 2 nomor dalam satu HP sehingga nanti ada whatsapp standar dan juga whatsapp bisnis.
  3. Sangat susah verifikasi akun, dan hanya tim WA yang bisa memberikan verifikasi (ini sich wajar) yang tidak wajar adalah tidak ada form untuk mengajukan verifikasi bisnis kita dan kalau kita belum terverifikasi disetiap grup atau chat dengan orang, ada peringatan bahwa kun kita tidak terverifikasi. Hal ini memang baik tetapi sangat merugikan karena mengurangi kepercayaan orang terhadap akun kita.

Ya begitulah ada fasilitas manfaat dan juga ada kekurangannya. Oleh karena itu saran terakhir saya yaitu anda yang mau berbisnis dengan memanfaatkan whatsapp pakailah 2 nomor baik dalam satu handphone atau berbeda HP, salah satu memakai whatsapp bisnis sedangkan lainnya menggunakan standart, yang standart bisa dipakai untuk pribadi sedangkan yang bisnis dipakai memang benar buat bisnis. Demikian uraian singkat ini semoga nanti bisa ada kabar lebih baik lagi dan semoga pengetahuan ini bermanfaat.

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Check Also

korban KRL maut

Melaksanakan tanggung jawab sampai titik darah penghabisan

Tulisan ini sengaja saya update agar saya ingat bagaimana perjuangan saya dulu untuk memulai jualan …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.