Membangun Toko Online Sendiri, Apa Yang Diperlukan?

Kemarin saya menulis tentang bisnis online yang memanfaatkan sistem afiliasi, yang mana sistem ini tentunya telah difasilitasi oleh pemilik barang atau jasa yang mau ditawarkan. Kemarin saya membicarakan cara mencari uang dengan afiliasi yang memang afiliasi ini sangat istimewa dengan rekam jejak seumur hidup. Kali ini saya mau menulis bagaimana jika anda ingin membangun toko online sendiri. Apa saja yang diperlukan?

Sebelum saya lanjut bagaimana membangun toko online sebenarnya saya sudah menulis juga tetapi mungkin bagi yang belum pengalaman dalam dunia online akan bingung langkah awalnya itu apa sich? Dan sebenarnya peluang afiliasi yang saya sebut kemarin itu bagus serta  ini mumpung dibuka sebaiknya anda lakukan saja. Kontak saja saya jika memang tertarik.

Baik langsung saja kira-kira apa saja yang dibutuhkan untuk membangun toko online? secara dasar sich kita perlu peralatan online, yaitu bagaimana membuat website yang telah saya bahas dibab lalu termasuk masalah hosting dan domain.

Membangun Toko Online Sendiri, Apa Yang Diperlukan?

NICHE

Selanjutnya sebelum membuat websitenya kita sebenarnya harus memiliki ide dasar yang sudah kita pilih. Ide ini bisa merupakan hoby, peluang yang ada disekitar atau apapun yang penting spesifik. Ide ini sering disebut sebagai “niche”.

Niche ini merupakan modal utama dalam membuat toko online karena tanpa ini, kita tidak bisa mengisi toko kita. Sebut saja kita ingin menjual pakaian bayi, nah ini namanya niche. Dalam mencari niche ini carilah yang benar-benar mempunyai nilai profit, jangan hanya karena anda suka saja. Tetapi sangat bagus, jika memang anda suka dan anda lihat mempunyai nilai profit yang cukup tinggi.

Pakaian bayi memang mempunyai profit tinggi, tentu kita juga akan mempunyai pesaing tinggi juga karena itu memang sudah hukum alam. Bahwa sesuatu yang bernilai profit tinggi tentu banyak pula yang mengejarnya. Nah disinilah anda perlu “bertapa” mendekatkan diri kepada yang kuasa mencari petunjuk.

Sebenarnya niche ini juga bisa kitaterapkan dalam bisnis yang lain, misal bisnis affiliasi yang kemarin saya jelaskan. Anda bisa memilih nice misal kesehatan, pertanian, kecantikan atau keperluan rumah tangga.

Cari Supplier

JIka dalam bisnis affiliasi kemarin saya katakan tidak usah pusing supplier, maka dalam membangun toko online sendiri perlu mencari supplier. Karena ini merupakan umber barang yang kita jual. Tidak mungkin kita mau jualan sarung wadimor tanpa tahu siapa supliernya dan bisakah kita mengambil sarung wadimor tersebut ke mereka.

Karena kadang suplier ini protektif, alasannya mereka melindungi pemasar merka yang telah terlebih dahulu. Tetapi adakalahnya mereka terbuka dan dengan senang hati melayani anda karena peluang barang terjual lebih besar (ini keuntungan mereka).

Cari suplier yang murah, barang bagus dan juga jujur. Jangan sampai anda terlanjur menawarkan barang dan sudah mulai ada customer atau elanggan ternya mereka hanya suplier abal-abal alias hanya sekedar reseller. Wah bisa rugi besar anda.

Riset Keyword

Nah ini sudah masuk ke tataran teknik, termasuk bisnis apapun baik afilias, toko online, bloger atau apapun termasuk menekuni google adsense. Kita perlu riset keyword. Karena tanpa ini kita bagaikan melangkah dalam kegelapan, tanpa arah.

Tanpa riset keyword atau kata kunci kita seperti melangkah di padang gurun tanpa kompas dan ilmu perpintangan, kita akan bingung yang selanjutnya kita akan merasa rugi sendiri bahkan bisnis kita hancur.

Selanjutanya sama dengan sebelumnya jika kita sudah membuat kata kunci kita lanjut dengan pemilihan hosting dan sekaligus memilih domain. Saya tidak menjelaskan masalah ini karena telah kita bahas sebelumnya silahkan baca-baca diartikel saya sebelumnya bisa melalui SEARCH.

Selanjutnya jika sudah terbentuk web toko online anda, anda melakukan marketing atau pemasaran baik itu berbayar melalui iklan atau gratis dengan cara optimasi SEO (search engine optimation), melalui sosial media dan sebangsanya. Hal ini juga pernah saya bahas sebelumnya silakan baca saja artikel saya tentang itu di bab internet marketing.

Baik mungkin ini tidak terlalu detail saya menulisnya tetapi saya yakin cukup membuat secerca cahaya bagi yang benar-benar pemula dan mau terjun di dunia bisnis online. Banyak pilihan untuk anda baik menjual barang atau menjual jasa. Intinya hanya menjual saja. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu…

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.