Tahukah anda tentang bisnis afiliasi?

Afiliasi atau secara mudah dikatakan bisnis rekomendasi, dengan kata lain merekomendasikan suatu barang atau jasa keseseorang calon pembeli atau pengguna yang jika orang itu jadi membeli maka kita akan mendapatkan komisi tertentu dari penjual barang tersebut. Bisnis jenis ini sebenarnya sudah lama ada, secara naluri orang akan merekomendasikan kepaad orang lainnya apa yang dia rasa bermanfaat.

Nah kali ini saya akan bercerita mungkin dari sisi lain dari bisnis afiliasi secara online. Sebut saja amazon, salah satu situs web marketplace terbesar di dunia, awal mulanya dikembangkan dengan cara afiliasi dan saya pernah merasakan manisnya bonus dari situs ini. Tetapi sekarang amazon walau masih ada sistem afiliasinya tetapi aturan yang dipakai sudah jauh dari yang ada disaat awal berdiri misal saja sistem rekaman jejak atau cokies kalau dulu 90 hari lalu turun 30 hari dan sekarang hanya 24 jam.

Tahukah anda tentang bisnis afiliasi?

Sistem cokies ini apa gunanya? sistem ini gunanya mengikat atau memberi tanda orang yang telah kita rekomendasikan dan dia sudah melihat barang tersebut, selanjutnya jika dia membeli maka akan masuk bonus kita berkat pembelian yang kita rekomendasikan. Nah jika rekam jejak ini semakin singkat maka semakin cepat pulah jejak kita hilang dan bonuspun melayang.

Ini yang seringkali tidak disukai oleh para pemain bisnis afiliasi. Mereka inginnya cokies yang lama dan kalau bisa selamanya. Ya memang tidak mungkin cokies selamnya tetapi bisa selama mungkin. Pada kenyataanya saat ini hampir tidak ada cokies yang lama. Maka akhirnya banyak yang meninggalkan bisnis afiliasi jenis ini. Adapun mereka yang tetap menjalankan ada dua cara yaitu memperpanjang dengan cara yang agak terlarang atau jujur tetapi menebar pengetahuan barang sebaik mungkin sehingga orang yang mau membeli tetap melewati dirinya.

Tetapi jangan kawatir dan jangan mundur dulu dari bisnis ini, karena saya menemukan suatu sistem yang mirip cokies yang berlaku seumur hidup, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Ini bukan bisnis amazon tetapi ada bisnis lain yang dulu dikenal dengan network marketing. Bagaimana sistemnya kok bisa cokies diperpanjang hingga seumur hidup?

Begini sistem kerjanya, saat ada pembeli atau calon pembeli ingin melihat barang maka dia harus mendaftar ke situs tersebut, saat pendaftaran menggunakan kode yang kita berikan maka dia sudah tercatat ke cokies kita dan setiap dia belanja maka penyedia barang akan mengirim bonus ke kita. Dan enaknya pendaftaran ini berlaku selama dia menjadi anggota, dengan syarat minimal setidaknya rentang 6 bulan dia berbelanja barang kebutuhnnya di situs ini.

Jangan khawatir masalah harga. Karena orang yang kita rekomendasikan tersebut berhak untuk harga khusus potongan 30% untuk barang produk inti dan beberapa persen untuk prodk titipan, baik itu barang lokal ataupun non lokal. Nah jadi sebenarnya kita juga menolong orang yang kita rekomendasikan dengan mendapat harga lebih murah. Beda saat kita merekomendasikan orang ke amazon atau situs afiliasi lainnya, harga masih sama baik dia terdaftar atau tidak. Tetapi yang jelas saat membeli wajib daftar.

Mau tahu lebih detail? silahkan klik tombol dibawa untuk chat via WA dengan saya.

Chat WA minta informasi detail

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.