Memanfaatkan WA untuk jualan offline

Jangan dipikir kalau jualan atau bisnis anda offline kemudian anda tidak bisa memanfaatkan whatsapp untuk perkembangan bisnis anda. Jangan juga minder saat menggunakan akun sosial media anda dalam membantu untuk peningkatan bisnis anda. Karena semua itu mungkin dan bisa dilakukan.

Saya sendiri awalnya kurang yakin bahwa usaha offline bisa dengan mudah dibantu peningkatan omset dan juga peningkatan penghasilannya hanya melalui sebuah akun whatsapp atau nanti selanjutnya saya tulis WA. Karena awalnya saya berfikir bagaimana caranya?

Nah ternyata caranya sederhana saja, yang penting kita kenalan dengan seseorang yang cocok atau membutuhkan dengan produk kita kemudian kita simpan nomor WA orang tersebut (dalam hal ini adalah calon pelanggan kita) nah setiap saat kita punya stock atau produk baru kita update di status WA, nah siapa saja yang respon diberi label misal calon pelanggan dekat. Nah kemudian kita kontak japri saja, barangkali membutuhkan barang produk kita.

Setelah japri WA ada balasan atau respon kita kontak dan bina hubungan. Yang penting adalah kita tidak menawarkan spamming atau menawarkan barang terus menerus kepada calon yang tidak memberi balasan, karena biasanya orang seperti ini belum tertarik, dan jika sering diberi tawaran malah kurang suka akhirnya WA kita dilaporkan spam dan diblokir.

Memanfaatkan WA untuk jualan offline

Tips dari saya adalah kita sabar mencari pelanggan disekitar kita, pertama memang susah, tetapi jika sudah mendapat minimal 10 pelanggan saja tiap hari yang membeli produk kita saya yakin bisnis sudah dapat berjalan dan membayar biaya bisnis kita atau setidaknya ongkos operasional sudah tertutupi.

Apa yang saya tulis ini bukan hayalan tetapi sudah dilakukan oleh orang yang saya jadikan contoh yaitu, penjual daging ayam di depan rumah saya. Awalnya saya iseng berbicara dengan dia, bagaimana bisa dia cepat habis padahal saingannya sangat banyak. Ternyata dia memanfaatkan daftar nama yang ada di kontak WA nya dan memainkan bisnisnya disana.

Walau pesanan hariannya sudah habis dia tetap konsisten datang ke tempat jualannya secara offline, saya tanya mengapa demikian? dia mengatakan bahwa itu untuk memberikan tanda kepada calon pembeli lainnya bahwa dia tetap eksis atau tetap ada di bisnis jualan daging ayamnya.

Saya ingat dulu waktu aktif di network21 juga diajarkan bagaimana mengembangkan bisnis atau tip agar bisnis tetap berkembang, yaitu tetap menjaga daftar nama dalam hal ini saya terjemahkan membuat daftar kontak dalam WA dan tetap update status agar orang tetap mengerti bisnis kita. Kedepan akan saya buat kategori khusus dari strategi bisnis yang diajarkan oleh network21 dan tentunya masih dalam rambu-rambu yang diberikan oleh N21.

Nah silahkan dicoba untuk apapun bisnis anda, saya yakin kalau sudah terbiasa update status nanti akan menemukan strategi update status WA yang dibaca oleh calon pelanggan kita, dan dengan cukup mudah mempunyai filling atau insting dalam menjawab respons dari status kita.

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.