Gunakan Twitter Untuk Boosting Bisnis Anda

5 Langkah Pertama Membuat Bisnis Anda Online

Setelah kemarin saya menuliskan saran yang dilakukan pada bisnis anda yang telah ada atau baru mempunyai ide setelah ada pandemi virus corona ini yaitu dengan cara pemasaran online atau bisnis online dengan arti yang sebenarnya. Tetapi permasalahannya sekarang bagi yang memang benar-benar baru, tentu akan bingung langkah apa yang harus saya ambil atau dengan pertanyaan lain apa yang harus saya lakukan secapatnya untuk saat ini? Anda bisa saja browsing di google untuk mencarinya tetapi sering kita membaca artikel yang hanya sekedar ditulis artinya artikel itu bukan berdasarkan pengalaman penulis. Nah kali ini saya mau menulis pengalaman saya langkah pertama yang harus dilakukan bagi orang yang memang ingin memanfaatkan internet sebagai media pemasarannya atau istilahnya digital marketing.

Pada saat pandemi virus corona ini lebih tepatnya bukan memulai bisnis online tetapi bertahan dengan melihat kemungkinan membuat online bisnis kita. Mengapa bertahan? karena saat ini banyak usaha apapun turun bahkan bangkrut saat menghadapi badai virus corona, dimanapun dia berada dan hampir seluruh negara. Jadi intinya bisnis online itu atau membuat bisnis kita menjadi online ini tujuannya adalah menambah atau memperluas wilayah marketing bisnis kita, jika memang belum punya ide bisa melihat apapun disekitar anda dan semoga segera menemukan ide bisnis apa yang bisa dipasarkan secara online. Selanjutnya ini adalah langkah awal yang sebaiknya anda tempuh, manfaatkan sumberdaya disekitar anda.

Gunakan Facebook

Mengapa kita menggunakan facebook? karena aplikasi ini sudah ada di tangan kita sejak kita memegang handphone (HP), bahkan banyak terjadi saat kita beli HP aplikasi ini sudah ada dalam instalasi dasar yang bisa kita gunakan secara langsung. Jika anda sudah mempunyai akun maka segeralah buat suatu “Page” bisnis lokal, cara membuatnya sangat mudah yaitu hanya tinggal mengikuti form yang sudah disediakan. Anda akan mendapatkan credit (ini biasanya) untuk iklan sebanyak $5 secara gratis.

Manfaatkan FB Page Local Bussiness untuk Perkembangan Bisnis Online anda

Mengapa saya sarankan membuat page khusus bisnis kita? karena tidak semua teman kita dalam friendlist menyukai atau setidaknya tertarik dengan bisnis yang sedang anda  jalankan, oleh karena itu saya sarankan membuat page bisnis lokal ini agar lebih menjaga privasi teman anda dan juga lebih memberikan kebebasan anda dalam mengembangkan bisnis dengan iklan, serta facebook tidak mengijinkan akun pribadi kita dipakai untuk berbisnis, facebook bisa memblokir atau menutup akun pribadi anda jika ditemukan pelanggaran dan kita kehilangan kontak dengan teman-teman kita.

Setelah membuat page bisnis lakukan posting tentang bisnis kita, perhatikan kapan posting kita banyak dilihat dan ingat-ingat saja saat itu, karena untuk selanjutnya setiap posting usahakan jam-jam ramainya orang melihat page bisnis anda. Lakukan secara teratur, tidak perlu bingung posting apa dan bagaimana, anggap saja anda cerita ketemu orang dan menceritan tentang bisnis anda, jangan lupa diberi foto atau gambar pada postingan anda agar lebih memperjelas maksud anda dalam bercerita.

Jangan kawatir jika tidak ada yang melihat postingan anda, tetap promosikan ke rekan-rekan anda atau jika nanti sudah tingkat lanjut bisa anda pasarkan dengan cara beriklan. Jangan lupa buat setting pada pagenya agar postingan bisa di baca orang yang tidak kenal page bisnis anda di facebook, maksud saya iinkan mesin pencara semacam google untuk mengindek atau menyimpan postingan anda di page facebook ini dan secara otomatis akan menampilkan pada pencarian orang di google.

Jangan lupa facebook mempunya anak-anak perusahaan lainnya, maka jangan tinggalkan anak-anak facebook ini. Apa dan siapa anak facebook ini? anaknya facebook tak lain adalah instagram dan whatsapp. Saya yakin anda sangat memahami dua anak facebook ini sebelum membaca artikel ini. Maka saran saya gunakan instagram juga untuk mempublikasikan foto-foto produk anda, cari follower juga sebanyak mungkin. Saat anda posting di instagram bisa juga otomatis terposting di facebook yang selanjutnya tinggal anda twit pada twiter anda. Trus apa gunanya WhatsApp? ya itu merupakan pintu penghubung anda, bagaimana orang dengan mudah kontak anda atau sebaliknya bagaimana anda dengan mudah kirim gambar dan video penjelasan ke calon konsumen anda. Semuanaya bisa dilakukan semudah membuka telapak tangan anda.

Berdayakan Twitter

Buat akun twitter, membuat akun twiter semuda membuat akun facebook. Twitter merupakan sarana ocehan singkat yang digemari oleh banyak orang dan yang terpenting tulisan singkat anda ini dibaca dan disimpan google yang fungsinya akan membantu bisnis anda untuk pemasarannya.

Gunakan Twitter Untuk Boosting Bisnis Anda

Buat ocehan (twit) singkat saja misal kita telah memposting di facebook, nah ini juga kita twit singkat beserta link posting facebook tersebut ke twitter. Mudah bukan tinggal twit apa yang telah kita posting, hal ini tidak terbatas pada postingan facebook page bisnis kita saja tetapi pada postingan lainnya (nanti yang akan saya jelaskan dibagian selanjutnya)

Intinya buat ocehan sembarang tentang bisnis kita, jangan lupa diberi gambar dan yang terpenting jangan lupa mencari follower. Bagaimana mencari follower? mudah saja anda follow siapa saja (yang kira-kira terkait dengan bisnis anda) kemudian biasanya meraka akan menfollow balik anda jika melihat postingan anda ada manfaatnya bagi mereka, istilahnya saling follow.

Buat Blog

Buatlah cerita bisnis online anda di blog gratis

Manfaatkan blog gratis yang sudah sangat terkenal yaitu wordpress dan blogspot. Kenapa kedua blog gratis ini saya rekomendasikan? karena keduanya mudah digunakan semudah kita mengetik menggunakan ms word atau wps atau notepad. Jadi penggunaannya sangat mudah, cukup anda ceritakan apa yang menjadi bisnis anda sedatil yang bisa anda ceritakan kepada teman anda. Dalam bercerita ini anda jangan membaca postingan yang telah ada, tetapi bayangkan ada seorang teman yang ingin atau tertarik dengan bisnis anda sedang duduk dihadapan anda dan anda sedang menjelaskan kepadanya.

Blog ini manfaatnya luar biasa besar untuk perkembangan marketing bisnis anda, saat anda sudah cukup lama berkembang di dunia online, blog bisa digunakan untuk membuat link atau dihubungkan ke pemasaran lainnya. Jadi semuanya nanti bisa dikaitkan antara masing-masing media online terkenal di sekitar anda dan sudah ada dalam genggaman anda yaitu di layar HP anda.

Buat Website

Buatlah website bisnis anda secara profesional

Untuk pengembangan bisnis selanjutnya adalah membuat website. Seperti yang saya tulis pada artikel sebelumnya yaitu “Pebisnis Online Wajib Mempunyai Website” disana saya katakan alasan juga manfaatnya. Website ini intinya menambah tingkat kepercayaan pembeli, karena biasanya (sering saya lakukan) saat ingin membeli barang dan saya menemukan postingan tentang barang itu maka selanjutnya saya akan mencari informasi tentang penjual barang itu. Nah bayangkan jika anda sebagai orang yang mencari barang dan mencari penjual yang minimal terpercaya di google dan anda menemukan di semua media termasuk website tentang penjual tersebut saya yakin anda lebih percaya pada penjual tersebut dibandingkan jika dia hanya mempunyai satu media penjualan saja.

Memang saat membuat website ini dibutuhkan modal tahunan setidaknya kita harus sewa hosting dan juga membeli domain, tetapi jika memang membantu bisnis anda kenapa tidak? anda hanya modal satu juta an tetapi penghasilan anda selama setahun lebih banyak lagi dari modal, jelas itu sudah balik modal dan jika memang kurang laku atau kurang beruntung anda hanya menghasilkan biaya website saja maka anda tidak kehilangan apapun. Anda bisa mengembangkan untuk bisnis lainnya dalam satu hosting website. Bisa anda buat subdomain dan membuat website lainnya tanpa keluar biaya lagi.

Dan sebenarnya masih banyak lagi keuntungan memiliki website, bayangkan berapa modal yang kita keluarkan jika kita sewa toko kecil atau bahkan ruko? memang jika dibandingkan dengan kita stock barang pada lemari kaca tentu beda tetapi siapa yang mengetahui bisnis anda jika anda hanya menstock barang di lemari kaca anda? Ingat mau berbisnis harus mengeluarkan modal, masalahnya kita cari modal seringan mungkin dan seoptimal mungkin.

Anda mungkin bisa membantah dengan mengatakan bahwa pemasaran lewat facebook saja sudah bagus kenapa buat website? sekali lagi ini tingkat kepercayaan saja, bayangkan saat anda mencari suplyer dan menemukan di facebook kemudian saat kontak ke dia anda diberi website yang elegan, tentu anda lebih tertarik daripada anda hanya ditunjukkan gambar foto-foto saja. Kalau tidak bisa membuat website sendiri anda tinggal meminta orang untuk jasa pembuatan website yang profesional, saran saya pilih yang sekaligus merawatnya dari segi maintenance dasar, karena memang butuh orang telaten untuk merawatnya agar terhindar dari virus serta selalu online selama masa sewa, jika tidak ketemu dengan orang lain anda bisa kontak saya dengan klik link ini.

Manfaatkan Market Place

manfaatkan market place untuk meningkatkan bisnis online anda

Satu media lagi yang mungkin bisa anda manfaatkan untuk bisnis online anda yaitu market place seperti tokopedia, shoope, bukalapak dan sebangsanya. Tetapi memang ada barang yang tidak bisa dijual lewat marketplace seperti barang saya sendiri yaitu software sekolah.

Pada market place ada dana untuk iklan oleh mereka di media lain seperti google dan sebangsanya, jadi tanpa iklan bisnis kita sudah diiklankan secara umum oleh mereka, tetapi yang jelas karena bukan milik kita, atau kita hanya sekedar “nunut” tempat ke mereka maka ada aturan-aturan khusus yang ditentukan mereka kepada para penjual, dan kita harus mematuhi aturan itu agar diterima oleh mereka.

Sebagai penutup bahwa artikel “5 Langkah Pertama Membuat Bisnis Anda Online” yang saya tulis diatas itu berdasarkan pengalaman saya, dan urutannya bebas tidak harus sesuai dengan tulisan saya tetapi kombinasikan antar media pemasaran anda maka saya yakin bisnis anda akan lebih dikenal oleh calon konsumen anda, yang tentunya membuka peluang lebih besar untuk terjadi transaksi atas bisnis online anda. Saya juga mencoba untuk bisnis affiliasi dengan amazon dengan 5 langkah diatas, dan hasilnya ternyata lumayan bagus (tetapi harus memilah barang apa yang kira-kira laku disaat ini, atau kalau mau jangkah panjang ya pilih saja barang yang punya bintang besar dan tentunya review banyak serta bagus. Semoga bermanfaat. Amin!

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Check Also

kelemahan openvpn free

Kekurangan openVPN free menurut saya

Setelah kemarin saya buat tutorial singkat tentang openVPN walau mungkin agak sulit difahami, karena memang belum …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.