Hadapi Corona Kerja dari Rumah ini Anjuran Pemerintah

Karena banyak membahas virus corona maka saya teruskan sedikit apa saja yang dianjurkan pemerintah dalam menanggulangi atau mencegah penyebaran virus ini ke masyarakat luas dengan dampak yang semakin banyak karena begitu mudah dan cepatnya virus menyebar ditengah masyarakat. Salah satu anjuran tersebut adalah WFH atau work from home atau dengan artian kasar kerja dari rumah. Nah ini menariknya bagi pebisnis online atau orang yang memang kerjanya banyak didunia online, apa saja yang menarik itu?

kerja dari rumah sangat menguntungkan para praktisi digital marketing

Kerja dari rumah merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah, gampangnya kenapa? kita bisa mengatur waktu sesuai kebutuhan tetapi susahnya kita dihadapkan pada kedisiplinan diri dan kejujuran dalam bekerja, hal ini banyak menimpah kawan-kawan yang berniat kerja dibidang digital marketing. Kadang kita pertama membuka komputer niat kerja kemudian timbul pikiran eh lihat berita baru dulu di Facebook dan sebangsanya scroll terus hingga lupa waktu. Ini yang namanya pencuri impian dan gagal fokus.

Kerja dari rumah memang bisa dilakukan sebagian orang terutama yang berprofesi sebagai Internet Marketing, tetapi tidak mungkin dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai profesi kesehatan, operator mesin, jasa kiriman barang, Polisi, TNI dan sebangsanya karena mereka itu mempunyai tugas tersendiri yang harus dilakukan untuk langsung berhadapan dengan obyek perkerjaannya. Contoh istri saya bidan memang mempunyai satu website namanya bidananda.com tetapi untuk memeriksa ibu hamil, calon ibu yang mau melahirkan atau keluhan para ibu dan anak apakah bisa dilakukan online? tidak bisa karena harus memeriksa obyek atau pasiennya karena tanpa menyentuh pasien tentu hasilnya kurang akurat. Walau sekarang ada aplikasi pemeriksaan kesehatan dengan cara online misal halodokter dan sebangsanya tetapi ini merupakan konsultasi saja tidak memeriksa kondisi yang sebenarnya tetapi hanya menedengar keluhan saja.

Kerja dari rumah (WFH) ini bisa dilakukan oleh ASN pemerintahan. Keputusan tersebut diambil guna meminimalisir penyebaran COVID-19 di Indonesia. “Berkaitan dengan ketentuan penyesuaian sistem kerja di mana ASN di lingkungan instansi pemerintah dapat menjalankan tugas kedinasan di rumah atau di tempat tinggalnya,” kata Tjahjo dalam telekonferensi dikutip detikcom dari akun YouTube resmi Kemenpan-RB, Senin (16/3/2020).

Bagi pekerja IM (Internet Marketing) atau sekarang sering disebut Digital Marketing (istilahnya sekarang tambah keren dan sedikit terkesan canggih sehingga bagi banyakan teman UMKM yang baru melek dunia online bingung, ini menurut saya lho) kerja dari rumah merupakan hal biasa dan ini sudah saya lakukan sejak tahun 2007 sejak saya awal menekuni penjualan software lewat media online dengan membuat website dan memang bisa walau kadang naik turun karena gagal fokus terhadap apa yang harus dikerjakan. Lalu akhirnya saya mempunyai beberapa tips agar kita tidak gagal fokus terhadap apa yang harus dikerjakan, tips ini bukan hanya untuk kaum digital marketing saja tetapi bisa juga untuk semua orang apalagi saat ini ada himbauan dari pemerintah untuk kerja dari rumah guna menghadapi virus corona.

  1. buat agenda yang lengkap memakai google calender, mengapa saya menganjurkan ini? karena dalam google calender sudah sangat mencukupi untuk pekerja kebanyakan disana kita bisa membuat jadwal yang rutin, jadwal sewaktu-waktu atau pun remainder tentang pekerjaan yang ingin kita lakukan
    Google Kalender atau Google Calendar adalah aplikasi web pengelolaan waktu dari Google. Aplikasi ini diluncurkan pada 13 April 2006 dan keluar dari fase beta pada Juli 2009. Pengguna perlu memiliki Google Account untuk menggunakan perangkat lunak ini. Wikipedia
  2. disiplin terhadap agenda
  3. jangan buka facebook, twitter ataupun sosoal media lainnya saat kita dalam agenda kerja
  4. jangan melakukan browsing terhadap sesuatu yang tidak kita kecuali memang perlu
  5. jika melakukan browsing langsung cari di goole dan buka halamannya, jika mempunyai kindle e-book reader kita bisa mengirim langsung kesana dan membaca tanpa tergoda untuk selalu browsing (karena kindle lambat dalam membuka internet hehehe….)
  6. masukkan jeda atau agenda istirahat selama 10 menit tiap 2 jam kerja, anda bisa berjalan dari kamar ke kamar atau minum atau apapun selama masa istirahat dan saat mendengar reminder atau pengingat dari agenda segera bersiap kerja lagi
  7. kunci terakhir “DISIPLIN”  ini yang paling berat tetapi nanti lama-lama insyaallah bisa walau kadang tergoda untu tidak disiplin

Berikut saya sertakan anjuran kerja dari rumah oleh mentri PAN agar tidak disebut informasi yang kurang jelas. Semoga kita lekas keluar dari tragedi virus corona ini. Kalau bosan di rumah terus saran saya baca buku sebanyak mungkin karena dengan membaca buku kita akan mendapat banyak pengetahuan baru, ini yang saya lakukan jika sedang bosan kerja dan tidak ada ide mau mengerjakan sesuatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.