Tips Menulis Artikel Disaat Sedang Tidak Ada Ide

Menulis artikel itu merupakan kuwajiban bagi orang yang menekuni dunia online, baik ia sebagai pedagang ataupun sebagai publisher atau orang yang mempublikasikan sesuatu dengan tujuan iklan dan sebangsanya. Artikelnya macam-macam ada yang panjang dengan bahasa yang sangat halus sehingga orang tidak sadar kalau sedang dipengaruhi dan selanjutnya membeli sesuatu kepada dia atau orang atau perusahaan yang dipromosikan (sebagian orang menyebutnya soft selling) dalam dalam teknik ini ada banyak sekali cara yang bisa ditempuh yang intinya kita harus menguasai sebuah cara namanya copy writing. Pada artikel Tips Menulis Artikel saya kali ini tidak menulis itu tetapi bagaimana jika kita sebagai bloger atau publisher lepas misal google adsense tetapi kita sedang dalam kondisi blank alias tanpa ide.

Tips Menulis Artikel Disaat Sedang Tidak Ada Ide

Kondisi tanpa ide seringkali dialami oleh para penulis lepas termauk saya, tetapi bagaimanapun kita harus menulis agar produk kita laku, seperti contoh saya harus tetap menulis walau itu hanya beberapa untuk sekedar ditaruh di twitter agar produk saya “software sekolah” tetap laku dan tetap ada calon pembeli baru yang membaca promosi saya. Sebenarnya menulis dalam kondisi blank ide itu gampang-gampang susah, tetapi bisa diatasi asal kita punya kemauan keras untuk menulis, artinya kita sekedar mencurahkan sesuatu walau hanya beberapa kalimat dalam tulisan berbentuk artikel walau itu singkat tetapi ada yang mengatakan bahwa artikel singkat tidak berpengaruh bagus pada peringkat atau pencarian di google search.

Menurut saya hal ini tidak sepenuhnya benar, tergantung bentuk tulisan dan juga dimana kita update artikel. Untuk membahas efeknya terhadap google search tidak saya sertakan dalam artikel ini karena tulisan “Tips Menulis Artikel” ini memuat tips bagaimana kita bisa membuat artikel saat sama sekali tidak ada ide. Berikut ini beberapa cara yang saya lakukan (catatan cara ini bukan jaminan akan berhasil pada anda tetapi biasanya berhasil pada saya)

Baca buku

Saat membaca buku saya banyak menemukan ide-ide baru dan juga penambahan pengetahuan baru, tidak peduli buku tentang apapun. Misal saja buku tentang psikologi, secara khusus tidak ada hubungannya dengan software sekolah tetapi saat membaca buku ini saya ada ide bagaimana menghubungkan penjualan software sekolah dengan ilmu psikologi dan memang membaca buku ini tidak harus 100% idenya dan sumber tulisannya di buku bacaan tersebut tetapi minimal kita ada tambahan pengetahuan yang baru sehingga memunculkan ide menulis yang baru.

Membaca buku tidak harus beli buku, tetapi anda bisa meminjamnya di perpustakaan daerah, perpustakaan kota, buka google play book atau kalau serius anda bisa membeli kindle paper white untuk membaca buku, saya tidak mengharuskan membeli sich tetapi jika ada dana sebaiknya beli karena banyak sekali buku gratis sekelas internasional dan banyak keuntungannya.

Baca majalah

Alasan membaca majalah sebenarnya sama dengan alasan membaca buku, tetapi saat membaca majalah maka akan merasakan sensasi dan pengalaman yang beda dengan membaca buku. Anda dapat meminjam majalah di berbagai tempat, mulai dari perpustakaan daerah atau pojok baca yang biasanya ada difasilitas daerah, di rumah sakit saat anda mengantar atau menjenguk orang sakit tentu ada banyak majalah kesehatan dan itu bisa membangkitkan ide untuk menulis tentang pengetahuan kesehatan. Pada kantor pajak anda bisa menemukan pojok baca tentang berbagai macam jenis berita keuangan dan ekonomi, begitu juga saat anda pergi ke masjid atau musholah di fasilitas umum anda akan menemukan banyak majalah yang siap anda baca setiap saat.

Bermainlah ke forum

Bermain ke forum tidak harus dipaksa untuk mendapatkan ide menulis tetapi bersenang-senanglah anda di forum, kontak dengan orang lain walau itu bukan dengan nama anda. Ingat forum yang saya maksud adalah forum yang masih ada hubungannya dengan bisnis anda. Saat anda berinteraksi dengan orang lain yang sejenis dengan bisnis anda maka akan ada pengetahuan dan berita yang besar kemungkinannya adalah baru, atau mungkin juga ide lama tetapi belum terpikirkan oleh anda saat ini

Catat apapun ide kecil anda

Ini adalah langkah terpinteng, yaitu membawa alat untuk mencatat seberapa kecil ide anda. Apapun ide yang muncul atau yang ada di pikiran anda segera catat jangan sampai ide itu menguap. Nanti saat anda di depan komputer anda bisa membacanya lagi yang selanjutnya idenya diperluas dalam bentuk tulisan. Tidak perlu alat canggih untuk membuat catatan cukup android anda dan instal dengan google keep maka anda sudah mempunyai software pencatat yang sangat canggih dan sudah online dimana saja asal terhubung dengan email anda.

Demikian tips dan langkah yang biasa saya tempuh untuk menulis saat kondisi tidak ada ide menulis, rangkumannya mulai membaca buku, membaca majalah, browsing forum dan terakhir mencatat ide sekecil apapun yang terlintas di pikiran saat membaca buku dan majalah. Semoga bermanfaat dan bisnis anda lancar serta barokah… Amin!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.