Cara sederhana agar bisa menulis

Sebenarnya saya iri sekali dengan pak Dahlan Iskan yang setiap hari bisa menulis, dan lebih iri lagi beliau menulis di websitenya itu hanya menggunakan handphone beliau (ini baru saya ketahui saat saya iseng mendengarkan podcast beliau) dan itupun tidak dengan bahasa yang sempurna tetapi memang gaya tulisannya yang khas dan enak dibaca sangat menarik bagi pembaca atau pelanggannya. Dan tentunya sebagai blogger saya tahu potensi pendapatan dari web beliau yang hanya ditulis dengan handphone itu, sungguh luar biasa.

Rasa isi saya terhadap blog nya pak Dahlan Iskan akhirnya terobati, beliau menjawab dengan memakai video. Bagaimana beliau menulis secara rutin dan dipublikasikan dengan tepat serta disiplin pada jam 05.00 saat kita memang merasa enak dengan bacaan ringan, seperti memegang selembar koran ditemani kopi panas dan sedikit gorengan.

Cara sederhana untuk bisa menulis

Tips yang diberikan pak Dahlan Iskan ini akan saya tulis ditambah beberapa tip dari saya agar para pembaca saya bisa menulis, karena menulis di era sekarang tidak dapat menulis akan sangat berpengaruh pada perkembangan bisnisnya, walau ini juga bisa diakali dengan membayar seseorang yang ahli dalam menulis.

Bayangkan saja kalau kita mempunyai produk, ambil contoh software sekolah. Kalau kita tidak menuliskan di sebuah media online tentu hanya orang-orang tertentu yang mengerti produk kita, padahal jumlah peminat software sekolah sendiri sedikit di wilayah kita karena orang yang minat ini biasanya hanya beberapa saja dalam satu sekolah ataubahkan yayasan. Nah betapa pentingnya menuliskan produk kita di media online. Ini adalah cara yang saya tempuh dalam menulis serta mempromosikan produk saya.

Pelajari produk anda

Mempelajari produk anda akan dapat memunculkan ide menulis, saya biasanya melakukan browsing bahkan baca buku tentang produk yang saya tulis. Mulai dari apa definisinya yang selanjutnya saya terangkan dalam tulisan dengan membayangkan saya sedang bercerita kepada orang didepan saya, selanjutnya biasanya saya bandingkan dengan produk sejenis dan juga saya ceritakan secara mengalir kepada orang yang membaca tulisan saya seolah dia ada didepan saya.

Bila perlu anda bisa meniru membuatkan teori dasar tentang produk anda, dan percayalah bahwa tulisan anda tentang ini akan cukup banyak membuat orang tertarik dengan produk anda, yang penting saat menulis bayangkan ada orang yang sedang anda ceramahi hehehe…

Apa manfaatnya

Manfaat produk atau tips atau tulisan kita biasanya juga saya fikirkan dan juga saya jabarkan dalam ulasan singkat saja dengan cara mengalir sebagaimana saya berbicara dan bercerita kepada orang lain tentang itu. Karena dengan mengerti manfaatnya orang lebih tertarik dengan apa yang sedang anda katakan dalam tulisan. Percayalah pada saya bahwa itu berpengaruh pada keputusan akhir orang untuk mengambil jasa anda atau membeli barang anda.

Banyak orang membeli barang tanpa tahu manfaatnya tetapi hanya tertarik dengan bonus anda, ini juga bisa terjadi karena yang banyak anda ulas dalam tulisan anda adalah bonusnya bukan produk jualan anda. Jika memang itu bukan asli produk anda hal ini tidak masalah, tetapi jika yang anda jual adalah asli produk anda maka anda akan rugi, anda tidak dikenal sebagai orang yang faham manfaat produk anda tetapi hanya dikenal sebagai orang yang jago jualan bonus anda.

Konsisten

Tips ini sebenarnya saya adopsi dari pak Dahlan Iskan, yang saya tulis diawal. Bagaimana beliau bisa menulis tiap hari. Ternyata jawabannya adalah konsisten. Beliau menulis secara langsung sebelum di publikasikan jam 5 pagi, bukan membuat tulisan kapanpun tapi dipublikasikan jam 5 pagi, istilah dibuat scedul publikasinya. Tetapi menurut pengakuan pak DI tidak demikian, ini dibuat secara manual langsung untuk terbit jam 5 pagi dengan alasan dan tujuan sebagai berikut :

  1. konsisten terhadap komitmen
  2. beliau ingin terikat dengan komitmen
  3. beliau ingin disiplin sehingga efeknya setelah 2 tahun disiplin, pembacanya juga ikut disiplin membaca

Komitmen itu penting kata beliau, karena jika orang tidak punya komitmen dan tidak konsisten terhadap komitmenya bisa dibayangkan dia juga sulit untuk konsisten dibidan lainnya, oleh karena itu orang yang komitmen terhadap pekerjaannya tentu nanti ada komitmen terhadap penghasilannya. Demikian tulisan ini semoga anda bisa terinspirasi untuk bisa menulis di blog atau dunia online.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.