Apakah efektif mengikuti kursus menulis secara online?

Beberapa tahun lalu saya mengikuti kursus menulis, sebenarnya tidak ada tujuan istimewa dalam mengikuti kursus secara online ini. Karena biaya murah dan cara kursusnya saya lihat praktis saja. Lalu bagaimanakah hasil kursus menulis tersebut? Sebelum dilanjut pertanyaanya saya batasi dulu, bahwa kursus menulis online itu ada banyak diantaranya menulis buku, menulis lepas, menulis majalah, menulis copywriting (sebuah promosi halus biasanya) dan masih banyak lagi, dan saya ikuti adalah kursus menulis buku.

kursus menulis secara online

Sebelum saya berkesimpulan bagaimana hasilnya kursus menulis tersebut, saya ceritakan dulu mengapa saya tertarik dengan acara ini. Saat saya pertama mengetahui kursus ini dari sebuah grup telegram, grup ini sebenarnya adalah ladang atau sumber penghasilan dari seseorang yang memang penghasilannya dari promosi dan juga jualan produk-produk online. Jadi seperti ikan dalam kolam, pada grup tersebut secara rutin akan diberi promo dan juga pengetahuan dasar tentang bisnis online untuk menarik anggota agar tetap dalam grup tersebut yang selanjutnya secara rutin akan di panen dengan alat pancing, kenapa saya ibaratkan alat pancing? karena tidak semua anggota grup akan membeli produk yang sedang dipromosikan tersebut.

Anda boleh saja meniru teknik orang tersebut lagi pula sekarang banyak yang model seperti ini dan rata-rata mereka berhasil memperoleh penghasilan dari grup yang mereka bentuk. Menurut saya sah-sah saja, kalau dulu yang sering dilakukan adalah list building dan menurut saya ini juga sama dengan dulu cuma bentuknya beda. Ada banyak macam variasinya diantaranya daftar email, daftar nama dan HP, daftar nomor whatsapp, daftar nomor telegram dan sebangsanya disemua sosial media juga ditemukan grup-grup seperti ini. Intinya adalah membuat grup yang selanjutnya akan dipanen dengan memasarkan produk yang sesuai dengan grup yang telah dibentuk.

Baik saya kembali ke topik belajar menulis. Kursus menulis yang saya ikuti tersebut bertujuan untuk membuat peserta agar bisa menulis dalam sebuah buku tetapi sebenarnya secara pribadi bisa dikembangkan untuk menulis apa saja asal mengerti ilmu dasar untuk pengembangannya, nah kalau masalah ini terserah dan tergantung individunya. Seperti yang saya tulis sebelumnya bahwa untuk mengikuti sebuah pelatihan, peserta bisa memilih dan memilah apa yang mau dikembangkan berdasarkan tujuan pribadi.

Saya mengikuti kursus ini dengan beberapa alasan yaitu biaya murah, praktis karena tidak harus online bersamaan tetapi kalau bisa online secara langsung akan mempunyai kesempatan untuk bertanya langsung pada pemateri dan mungkin saja bisa dijawab secara langsung, walau kenyataannya tidak semua pertanyaan akan dijawab tergantung dengan pertanyaannya dan keterkaitan dengan kepentingan si pemateri.

Dari hasil kursus ini saya mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai bagaimana menyusun buku (walau belum pernah saya gunakan) tetapi baguslah menurut saya pengetahuan ini. Ada pula pengetahuan bagaimana mencari ide serta membangun ide menulis yang telah sedikit ditemukan, selanjutnya bagaimana menuntaskan tulisan yang ada.

Hampir semua materi bagus, tetapi sayangnya support dari grup tersebut kuirang bagus secara pribadi (ini penilaian saya sendiri ya anda tidak perlu ikut saya). Sebenarnya pengetahuan menulis saya dilatih oleh pembimbing Tugas Akhir saya waktu kuliah, nama beliau Lea Prasetyo. Kalau di buku pegangan Fisika untuk SMA tahun 90an beliau dikenal dengan nama Lea P dan merupakan penulis buku pegangan fisika yang menjadi pegangan wajib dari dikbud (sekarang diknas). Ibu Lea membimbing saya bagaimana menulis laporan tetapi beliau menjelaskan detail bahwa segalah tulisan arahnya hampir sama. Nah bimbingan beliau saya praktikan ke berbagai proposan dan juga penjelasan software sekolah yang ada di website dan ternyata hasilnya sangat bagus.

Kesimpulannya, anda boleh saja mengikuti kursus menulis online yang penting anda mengetahui tujuan kursus dan berusaha menyerap pengetahuan yang ada dengan menambah pemahaman lewat banyak baca referensi pendukung. Hal ini tidak hanya pada kursus menulis online saja tetapi pada pelatihan online apapun yang ingin anda ikuti.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.