Membantu User adalah tugas kita

Kadangkala untuk memberikan pelayanan purna jual kita harus memberikan service lebih yang memang sebenarnya bukan tugas dan kuwajiban kita sebagai penjual, tetapi itulah seni dalam kehidupan marketing, apalagi marketing seperti saya yang jelas-jelas tidak pernah ketemu atau kontak langsung dengan user. Bagian inilah yang terberat dalam jualan jasa secara online, saya sendiri adalah penjual software sekolah yang mau atau tidak mau harus mensupport user agar memudahkan user yang memang pada dasarnya tidak mempunyai pengetahuan tentang software sekolah ini dan nanti pada akhirnya jika sudah digunakan terus terang saya mempunyai rasa senang dan kenikmatan yang tidak bisa saya ceritakan disini.

Saya hanya mau bercerita bagaimana saya membantu user saya walau itu tidak tugas saya, misal saja setting barcode scanner. Sebetulnya setting ini adalah tugas teknisi toko penjualnya, anehnya mereka hanya jual tapi tidak mau mensettingkan alasannya tidak bisa… wah… ini merupakan layanan yang buruk oleh toko penjual barcode ini (ini menurut saya pribadi lho). ada lagi bagaimana kita memperbaiki softwarfe karena windowsnya rusak oleh virus sementara data sudah sangat banyak dan harus kita selamatkan, padahal secara kewajiban kita tidak ada karena semua fasilitas itu sebenarnya sudah ada jika user kita membaca buku petunjuk dengan benar dan juga tidak malas untuk melakukannya.

barcode scannerKali ini saya membantu salah satu user software aplikasi pembayaran saya yang berada di luar jawa, saya hanya kasian kepada mereka yang telah membeli ke pihak lain dan selanjutnya penjual lepas tangan. Sungguh terlalu….. tugas setting ini sebenarnya harus dilakukan support toko penjual scanner tersebut, ini menurut saya lho ya… tetapi ada juga toko yang memang dari awal saat pembelian sudah mengatakan tidak menerima setting, nah ini toko yang baik dan secara jantan mengatakan service nya tanpa dirahasiakan guna menarik pembeli saja.

Akhirnya saya mencari dengan cara browsing dan kebetulan ketemu user guide programming nya sehingga dengan mudah saya bisa membantu user saya tersebut. Semoga lancar dalam menggunakan software administrasi sekolah saya dan juga bagi yang belum beli semoga juga segera membeli karena membaca cerita service support kami setelah membeli software amin… !!!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.