Monday , 15 April 2024

Merasakan Gempa di PPS Gresik

Terus terang saja, merasakan gempa ini baru pertama kali yang saya rasakan dan saya sadari, setelah berumul 48 tahun. Jadi selama ini saya tidak pernah tahu dan merasakan gempa secara sadar. Biasanya dikabari teman-teman bahwa tadi ada gempa, gitu saja. tapi kali ini getaran cukup keras dan hebohnya orang-orang depan rumah saya, yang memang saat sore hari banyak orang mencari makanan kecil atau besar untuk berbuka puasa ramadhan tahun ini.

Menurut berita whatsapp yang sampai disaya bahwa gempa kali ini sebesar 4,6 SR bukan 6,0 SR. saya sendiri secara spesifik tidak tahu artinya tetapi katanya cukup besar dan ada beberapa daerah di gresik yang terdapak gempa ini diantaranya pulau Bawean.

Saya langsung kontak teman saya di sana, walau saya tidak pernah tahu wajahnya tetapi dia teman satu grup pesantren dengan saya, nah saya kontaknya lewat grup pesantren bukan whatsapp pribadi yang dijapri gitu ya… dia menjawab “do’akan kami” katanya mereka belum berani masuk rumah. Sampai sore setelah sholat isyak dan teraweh dia juga memberi kabar bahwa lapangan alun-alun sangkapura full orang yang berkumpul karena dikawatirkan terjadi benca gempa susulan.

Memang menurut BMKG tempat paling aman saat gempa adalah tanah lapang, karena kita akan terhindar dari reruntuhan bangunan jika sampai runtuh.

Saya sendiri merasakan gempa ini cukup besar. Saat saya mau sholat ashar, istri saya di dapur teriak memanggil saya untuk segera keluar rumah, dan saya baru merasakan guncangan saat sampai depan pintu kamar. Lumayan panik juga karena itu baru pertama yang saya rasakan.

gempa di gresik

Sampai depan rumah orang-orang yang biasanya membeli cemilan untuk ta’jil banyak yang mengumandangkan takbir. Kendaraan berhenti saat gempa dan pengajian dimasjid juga berhenti. Jadi kondisi beberapa saat itu lumayan mencekam dan sunyi tapi hanya beberapa saat saja.

Karena setelah sekitar 5 menit semuanya sudah beraktivitas seperti biasa dan hanya sebagai bahan perbincangan gempa itu. Karena memang tidak berdampak kerusakaan apapun di tempat kami. Semoga saja saudara lain di tempat lain yang kena dampak diberikan kesabaran serta pertolongan pertama dan semoga kita semua selamat. Aamiin

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.