Plugin WP dasyat andalan saya

Di catatan kali ini saya mau membeberkan beberapa plugin yang sering saya gunakan saat membuat website, baik website saya sendiri ata membuatkan website untuk client saya, kenapa kita butuh website? bisa dibaca pada artikel saya “Pebisnis Online Wajib Mempunyai Website“. Pada wordpress menurut saya lumayan enak karena banyak sekali pilihan plugin yang akan membantu kita untuk optimasi website.

plugin seo dasarBerikut adalah daftar plugin yang saya pakai beserta kegunaannya :

  1. All in One SEO Pack  –> plugin ini saya gunakan untuk setting description, tagline, keyword serta beberapa fungsi lainnya. Plugin ini ada dua jenis yaitu free dan pro (berbayar) terserah anda mana yang mau dipilih. Saya sendiri menggunakan yang free version. Saya sekarang banyak memakai Yoast SEO daripada plugin all in one ini, karena menurut saya yoast lebih mudah settingnya dan powerfull, tetapi ini hanya pendapat pribadi saja tidak harus anda ikuti silahkan saja pilih mana yang menurut anda lebih enak dalam penggunaan.
  2. Contact Form 7 –> plugin ini saya gunakan untuk membuat form interaksi antara pembaca dan saya, jika pembaca ingin menghubungi saya maka tidak akan mengalami kesulitan. Tetapi ada kelemahan plugin ini kadangkala email kita sering dikirimi spammer dengan berbagai isi yang tidak perlu tetapi ini tidak mengganggu menurut saya karena email penerima bukan email utama tetapi hanya sekedar menerima dan jika perlu membalas kita balas, jika tidak ya diabaikan saja.
  3. Google XML Sitemaps –> plugin ini sering saya gunakan untuk generate sitemap untuk mesin pencari, tetapi jika saya bermain amazon dengan posting yang puluhan ribu saya menggunakan “sitemapindex” ==> ini tidak diperlukan lagi karena sudah ikut dalam plugin nomor.1 diatas
  4. Askimet –> ini plugin standart yang sudah ada saat kita instal wordpress, sering saya gunakan karena cukup efektif untuk mengendalikan spammer. Ini penting juga kita banyak dibantu plugin ini yang memblokir komentar-komentar spam dan tidak perlu ditampilkan di website kita. Plugin ini bisa diatur langsung menghapus komentar spam atau disimpan sementara untuk dilihat kemudian dihapus, saya sendiri memilih disimpan karena dari sana walau spam tetapi banyak ide untuk membuat postingan atau bahkan web baru jenis itu (lumayan ada ide yang menginspirasi)
  5. plugin untuk video youtube saya biasanya memakai Embed Plus, ada beberapa website saya yang memakai pro atau berbayar ada yang tidak pro alias versi gratis. Bedanya kalau pro kita bisa mengatur tampilan video dan juga bisa mengatur berapa menit kita tampilkan tanpa menunggu video selesai serta mulai di menit berapa yang ingin kita tampilkan serta kita juga bisa mengatur ukuran videonya. Kenapa saya butuh video untuk website saya? karena video bisa menambah nilai artikel kita dan juga saya bisa menjelaskan lebih banyak tentang produk yang saya jual.

Hanya plugin ini saja yang saya gunakan, dengan catatan pengunjung dibawa 1.000 UV/day jika diatas 1K UV/day saya gunakan beberapa plugin tambahan. Yang jelas semakin lama kita menekuni pengelolahan dan optimasi sebuah website tentu kita akan semakin berpengalaman dengan catatan kita tetap belajar baik ke forum atau ke teman-teman sesama publisher untuk saling tukar pengalaman dan pengetahuan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.