Monday , 26 February 2024

Bagaimana membuat gambar dengan fasilitas AI ?

Saya tiba-tiba kepikiran bagaimana membuat gambar dengan hanya memberikan sketsa ke aplikasi berbasis AI, karene beberapa saat yang lalu ada beberapa teman facebook memposting hal tersebut. Saat ada yang tanya bagaimana jawabannya seperti biasa yaitu lihat saja atau browsing-browsing saja, ada banyak dan banyak yang gratis. Kemudian ada yang menimpali juga hasilnya tergantung prompt atau perintah yang kita berikan kepada AI tersebut.

Sebagai penjual software sekolah secara online yang juga memerlukan editing gambar untuk membuat promosi bisnis saya, saya jadi penasaran, maka saya mencoba browsing serta mencoba mengumpulkannya sebagai catatan fauziwong dot com agar jika suatu saat saya butuh tinggal baca ulang di blog saya sendiri.  Dari sana diketahui ada banyak aplikasi yang bisa digunakan diantaranya adalah sebagai berikut :

memanfaatkan AI untuk membuat gambar kreatif

Platform Pembuat Gambar Generatif

Platform Pembuat Gambar Generatif adalah platform atau sistem yang memungkinkan pengguna untuk membuat gambar atau karya seni menggunakan teknologi generatif, yang sering kali didasarkan pada kecerdasan buatan dan jaringan saraf tiruan atau yang sering kita sebut AI. Istilah “generatif” mengacu pada kemampuan sistem untuk menghasilkan output yang baru dan unik, bukan hanya melakukan manipulasi pada data yang sudah ada.

Salah satu contoh terkenal dari platform pembuat gambar generatif adalah DALL·E yang dikembangkan oleh OpenAI. DALL·E merupakan model yang menggunakan teknologi yang dikombinasikan dari GPT (Generative Pre-trained Transformer) dengan kemampuan untuk menghasilkan gambar dari deskripsi teks (yang diawal saya sebut prompt). Pengguna dapat memberikan deskripsi visual dalam bentuk kalimat atau frasa, dan DALL·E akan mencoba menghasilkan gambar yang sesuai dengan deskripsi tersebut.

Generative Adversarial Networks (GANs)

Generative Adversarial Networks (GANs) adalah jenis arsitektur jaringan saraf tiruan yang terdiri dari dua model yaitu generator dan discriminator, yang saling bersaing untuk meningkatkan kemampuan mereka.

  1. Generator: Bertugas untuk membuat atau “menghasilkan” data baru, dalam konteks umum biasanya gambar, suara, atau data lainnya yang mirip dengan data latihan yang dimilikinya. Tujuannya adalah untuk menciptakan data yang semirip mungkin dengan data asli.
  2. Discriminator: Berfungsi sebagai “pengawas” yang menentukan apakah data yang diterimanya berasal dari data latihan asli atau hasil yang dihasilkan oleh generator. Disciminator diberi data dari dua sumber, data asli dan data yang dihasilkan oleh generator. Tugasnya adalah untuk membedakan di antara keduanya.

Kedua model ini beroperasi dalam lingkungan yang bersifat kompetitif: generator berusaha untuk meningkatkan kualitas data yang dihasilkannya agar bisa melewati pengujian discriminator, sementara discriminator berusaha semaksimal mungkin untuk membedakan data asli dari data yang dihasilkan oleh generator.

Dengan berjalannya waktu, generator belajar untuk menciptakan data yang semakin mendekati data asli, sedangkan discriminator juga semakin terlatih untuk membedakan dengan lebih baik. Proses ini terus berlanjut dalam bentuk permainan yang bersifat kompetitif di antara keduanya. Pada akhirnya, tujuan utama dari GAN adalah agar generator mampu menghasilkan data yang sangat mirip dengan data latihan yang asli.

GANs telah digunakan dalam berbagai bidang, termasuk penghasilan gambar realistik, augmentasi data, pembuatan gambar dari deskripsi teks, rekayasa suara, dan masih banyak lagi. Kehadiran GANs telah membuka pintu untuk penciptaan data sintetis yang sangat realistis dan berguna dalam berbagai konteks aplikasi.

Pembuat Sketsa Otomatis

Pembuat Sketsa Otomatis adalah teknologi yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mengubah foto atau gambar digital menjadi sketsa dengan tampilan yang menyerupai karya seni sketsa tangan manusia. Teknologi ini berfokus pada mengkonversi gambar dalam format foto atau digital menjadi versi sketsa dengan garis-garis dan detail yang mirip dengan sketsa tangan.

Kelebihan Pembuat Sketsa Otomatis adalah kemudahannya digunakan, memungkinkan orang yang tidak memiliki keterampilan khusus dalam menggambar atau sketsa tangan untuk membuat karya seni sketsa dengan cepat dan tanpa usaha yang besar. Teknologi ini memberikan kesempatan bagi individu untuk bereksperimen dengan foto mereka dan menciptakan versi sketsa yang unik dan menarik dari gambar-gambar tersebut.

Snapseed

Snapseed adalah aplikasi pengeditan foto yang sangat populer yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur pengeditan yang cukup bagus, termasuk kontrol secara manual yang lebih luas dan alat pengeditan yang intuitif.

Snapseed ini merupakan salah satu aplikasi pengeditan foto paling populer yang menawarkan berbagai fitur dengan teknologi AI. Anda dapat melakukan penyesuaian otomatis, retouching, pengaturan warna, dan banyak lagi, semuanya secara gratis.

Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express adalah versi sederhana dari perangkat lunak pengeditan foto terkenal, Adobe Photoshop, yang dirancang khusus untuk perangkat seluler (smartphone dan tablet). Aplikasi ini memberikan akses cepat dan mudah ke sejumlah perangkat pengeditan foto dasar yang memungkinkan pengguna untuk memodifikasi gambar mereka dengan cepat.

Adobe Photoshop Express menyediakan fitur dasar pengeditan gambar dengan teknologi AI. Anda dapat melakukan retouching, penyesuaian warna, dan pengeditan foto lainnya dengan aplikasi ini, tanpa biaya.

Canva

Canva adalah platform desain grafis yang memungkinkan pengguna, baik yang memiliki keahlian desain maupun yang tidak, untuk membuat berbagai jenis konten visual dengan mudah. Dari desain poster, media sosial, presentasi, sampai materi pemasaran, Canva menyediakan berbagai template, alat desain, dan elemen-elemen grafis yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

Platform ini memungkinkan pengguna untuk membuat karya desain secara cepat dengan beragam opsi kreatif. Canva tersedia dalam versi gratis dan berlangganan dengan fitur-fitur tambahan. Canva menawarkan berbagai alat desain, termasuk fitur pengeditan gambar dengan teknologi AI. Meskipun banyak fitur premium yang memerlukan pembayaran, Canva juga menyediakan sejumlah besar fitur gratis yang dapat digunakan.

Menurut saya jika hanya untuk uji coba atau bahkan pekerjaan sederhana yang bukan bersifat “profesional” Canva sudah cukup dan layak dicoba, silahkan anda mencobanya.

Pixlr

Pixlr adalah aplikasi pengeditan foto online yang menyediakan berbagai alat dan fitur untuk mengedit gambar secara cepat dan mudah dengan teknologi AI. Dengan antarmuka yang intuitif, Pixlr memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai perubahan pada gambar seperti penyesuaian warna, retouching, pemangkasan, dan penerapan filter dengan cukup sederhana.

Platform ini tersedia dalam versi gratis dengan fitur terbatas dan juga menyediakan langganan premium untuk akses ke fitur-fitur tambahan. Pixlr menjadi pilihan populer bagi mereka yang mencari solusi pengeditan gambar yang cepat dan mudah digunakan secara online.

Aplikasi ini juga layak dicoba, karena bersifat online, anda tidak perlu melakukan instalasi pada komputer anda. Hal ini memudahkan kita untuk penggunaan lebih lanjut. Jika cocok dan merasa nyaman menggunakannya ya silahkan berlangganan untuk fitur premiumnya agar bisa menggunakan secara profesional.

DeepArt

DeepArt merupakan platform yang berbasis kecerdasan buatan (AI) yang memanfaatkan teknologi untuk mentransformasi foto-foto yang diunggah oleh pengguna menjadi karya seni yang menyerupai lukisan atau gaya seni tertentu. DeepArt menggunakan algoritma dan teknik deep learning untuk menganalisis gambar yang diunggah, kemudian menghasilkan kembali gambar tersebut dalam gaya seni yang berbeda atau meniru karya seni yang terkenal.

Prosesnya melibatkan model jaringan saraf yang telah dilatih sebelumnya dengan banyak data seni dan gaya berbeda, sehingga mampu mengubah gambar sesuai dengan gaya yang dipilih oleh pengguna. Pengguna dapat memilih gaya tertentu seperti gaya lukisan terkenal atau gaya seni lainnya, dan DeepArt akan mengaplikasikan gaya tersebut pada gambar yang diunggah, menghasilkan gambar yang tampak seperti lukisan atau karya seni sesuai dengan gaya yang dipilih.

Nah sudah cukup banyak aplikasi yang layak untuk anda coba, silahkan sacara mencoba untuk iseng-iseng berhadiah, barang kali ada yang cocok dan bahkan selanjutnya melangkah ke dunia profesional. Siapa tahu dunia anda disana dan rezeki anda dari sana. Semoga bermanfaat.

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.