bisnis day

Bisnis Day

Kalau dari tulisan jelas salah, satu bahasa Indonesia satunya bahasa asing hehehehe… tapi di sini saya bukan bermaksud mempersoalkan tulisannya tetapi mau bercerita saja. Bisnis day ini adalah sebuah kegiatan rutin yang ada di sekolahan anak saya, saya tidak mengetahui sejak kapan kegiatan ini ada tetapi sejak anak saya masuk sekolah di sana sudah ada kegiatan bisnis day.

Secara makna bahasa mungkin artinya hari bisnis yang mungkin juga dimaksudkan sebagai hari untuk belajar bisnis disekolah tersebut. Jangan kita beramsumsi bisnis secara sesungguhnya tetapi ini merupakan dasar dari pemikiran sebuah bisnis yaitu menjual sesuatu apapun itu bentuknya, bisa karya tangan, makanan, jajanan ringan dan lain sebangsanya. Bahkan saya pernah mengetahui ada yang menjual foto satu kelas, maksudnya cetakan foto satu kelas tetapi telah dihias dalam suatu karya tangan yang cukup menarik. Nah ini juga kadang tidak terfikirkan oleh kami orang tua bahwa segalahnya bisa menjadi ide peluang dan akhirnya menjadi sumber rezeki.

Walau saya juga mempunyai peluang usaha yang bisa dimanfaatkan atau dijalankan oleh orang lain, tetapi kadang-kadang saya melihat sesuatu yang baru justru muncul ide yang baru juga. Usaha reseller software aplikasi sekolah yang saya jalankan merupakan peluang untuk siapa saja terutama dimasa sekarang ini, silahkan bagi yang ingin mengetahuinya baca saja peluangnya di “Cara Pendaftara Reseller Software Sekolah

bisnis day

Kegiatan ini intinya mengajarkan bagaimana anak untuk belajar menjual sesuatu kepada teman-temannya dan juga penghematan jika sudah punya uang tidak menghambur-hamburkan untuk dibelikan barang-barang konsumtif. WAUW luar biasa, kegiatan seperti ini sudah diajarkan di sekolah SD (Sekolah Dasar), saya tidak bisa membayangkan bagaimana jika inti dari kegiatan ini masuk dalam alam bawa sadar si murid (amin semoga terjadi) sehingga 20 tahun kedepan sudah tercetak generasi-generasi mandiri tanpa berfikir mencari pekerjaan tetapi berfikir membuat peluang pekerjaan bagi orang lain dan bisa dibayangkan kita sampai kehabisan tenaga kerja karena begitu banyaknya lapangan pekerjaan yang ada dan kita akan import tenaga kerja asing, bukan kita eksport tenaga kerja seperti sekarang.

Memang dalam kegiatan bisnis day ini orang tua juga sedikit repot atau ribet karena akan ikut memikirkan apa yangharus dilakukan tetapi hal ini juga memberi pelajaran kepada orang tua untuk memikirkan peluang pekerjaan diluar rutinitas sehari-hari. Dan terakhir saya tegaskan, menurut saya kegiatan ini layak dan wajib diadakan di semua sekolah baik milik pemerintah atau milik swasta degan tujuan agar generasi muda lebih mengenal tentang bisnis dan tentang kemandirian.

Walaupun ada juga yang berpendapat bahwa ekgiatan bisnis day untuk anak kecil merupakan langkah sia-sia karena mereka tidak mengerti inti dari kegiatan, tetapi saya cenderung berfikir lain, karena sesuatu insting atau naluri bisnis itu tidak dengan sendirinya keluar begitu saja tetapi bisa sengaja dimunculkan untuk melatih kemandirian anak agar memiliki jiwa wiraswasta yang dapat membantu dia mandiri diusia yang dibutuhkan nantinya. Demikian ulasn singkat ini semoga bermanfaat,¬† Terima kasih telah membaca tulisan saya dan semoga bermanfaat… Amin!

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Check Also

kelemahan openvpn free

Kekurangan openVPN free menurut saya

Setelah¬†kemarin saya buat tutorial singkat tentang openVPN walau mungkin agak sulit difahami, karena memang belum …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.