Monday , 12 April 2021

Cara termuda menjadi terkenal via Youtube

Saat pertama saya tulis ini yaitu tahun 2013, saat itu youtube belum seperti saat ini. Maksud saya youteber nya. Saat itu jarang yang memanfaatkan untuk bisnis bahkan mencari uang dari iklan. Melihat perkembangan yang bagus, maka saya berniat meng-update artikel ini.

Saat menulis ini sebenarnya saya ingin mempromosikan sebuah tool untuk bisnis affiliasi khususnya amazon, dan tidak saya duga ternyata perkembangan youtube sungguh luar biasa bahkan bisa menawarkan milyaran rupiah. Sebut saja Deddy Corbuzier yang telah sukses sebagai youteber dengan konten model podcast atau semacam wawancara bebas dan dengan tema bebas.

Master pesulap ini bahkan dikabarkan pajak untuk penghasilan youtube nya sampai milyaran rupiah sehingga dia diangkat sebagai duta pajak Indonesia, untuk memicu kesadaran membayar pajak bagi pebisnis online seperti youtuber (saya sebut youtuber sebagai pebisnis karena saat ini memang layak disebut sebagai pebisnis).

Sudah bukan rahasia lagi kalo youtube bisa merubah nasib, contoh saja video “keong racun”, video “norman” dan lain sebagainya. Disini saya hanya menawarkan peluang bagaimana memanfaatkan youtube tersebut untuk menambah penghasilan kita. Permasalahannya sekarang adalah bagaimana memilih atau mencara topik video yang akan kita gunakan sebagai kata kunci?

Teman saya di FaceBook “Jamie Lin” yang selama ini telah membuat beberapa produk yang telah saya ceritakan keampuhannya, telah menyediakan sebuah software yang sangat bagus untuk melakukan semuanya itu. Stop buang waktu Anda hanya untuk mengoptimasi video yang tidak menghasilkan. Dengan menggunakan software terbaru dari Jamie Lin, maka pencarian kata kunci yang mudah untuk ranking menjadi semakin mudah.

video niche finder

Apa kegunaan software ini? Anda bisa menggunakan software ini untuk:

  • Mendapatkan kata kunci yang luput dari perhatian kompetitor Anda
  • Memata-matai video kompetitor Anda
  • Memastikan Anda bisa menempati top 10
  • Mengetahui berapa lama kompetitor telah menempati top ranking YouTube
  • Mengetahui kekuatan kompetitor dengan mempreteli data marketing yang digunakan
  • Menemukan judul yang tepat untuk video
  • Menemukan kata kunci yang mudah dengan hampir tidak ada kompetisi di YouTube

Diatas itu adalah artikel lama. Nah saya akan sedikit melengkapi dan langkah-langkah sederhana agar bisa menjadi youtuber yang menghasilkan. Penghasilan disini bukan harus iklan google adsense tetapi bisa lainnya misal kita mereview produk orang lain yang tentunya berbayar, atau bisa juga membuat review produk sendiri seperti yang saya lakukan yang memang ampuh untuk promosi.

Sebenarnya tidak ada cara mudah untuk menjadi terkenal di youtube, tetapi cara praktisnya ada. Yaitu kita membuat konten sesuai dengan kegemaran kita dan kebutuhan kita, maka anda tidak akan bosan untuk membuat kontennya. Karena sebenarnya bisnis youtube juga sama dengan bisnis yang lain. Tanpa konten yang terupdate saya yakin konten anda akan kalah dengan konten lainnya.

Berikut ini mungkin bisa anda praktekkan untuk membuat konten sebagai permulaan (bukan pemula, biar tidak menyakiti dan menyinggung pembaca sekalian hehehe…) :

  1. tentukan tema yang akan kita buat konten
  2. buat konten dengan sederhana saja, bisa memakai HP atau memakai gambar slide kemudian di olah sedikit
  3. kalau saya lebih suka memakai screen recorder, karena produk saya software sekolah dan lebih mudah mempraktekkan softwarenya yang kemudian praktek tersebut saya rekam.
  4. usahakan konsisten dalam meng-upload konten
  5. buat durasi konten jangan terlalu singkat kalau bisa antara 10 – 15 menit
  6. saat meng-upload di youtube jangan lupa memberi judul yang sesuai dengan riset (langkah nomor 1)
  7. jangan lupa pula buat diskrepsinya dan juga tag. ingat jangan sampai anda membuat terlalu banyak kata kuncinya sehingga mbulet alias ruwet untuk dibaca
  8. berdo’a

Delapan langkah diatas kalau sudah anda praktekkan selama 1 minggu secara kontinya dan jangan lupa diberitakan juga di akun sosmed anda. Yang jelas, anda wajib belajar untuk memperdalam konten dan juga teknik marketing youtube anda, gunakan cara yang alami saja jangan memakai software auto-auto an yang akibatnya akun anda di tutup oleh youtube dan anda rugi. semoga bermanfaat.

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.