Hati-hati terhadap email phising (palsu)

Beberapa saat yang lalu saya mendapat email yang mengatas namakan “administrator” ke alamat email yahoo saya. Saat saya baca awal di Blackberry saya disana intinya menyatakan alamat email saya akan di non aktifkan karena email saya mengirim virus ke server mereka? hemmm saya mulai curiga ada sesuatu nich 😆 …. mengapa saya curiga? karena saya menggunakan norton internet security tetapi akunnya bukan memakai email yahoo, akun saya menggunakan email pribadi jadi tidak mungkin norton mengirim email ke alamat yang tidak saya tunjukkan, apa kurang kerjaan mereka?? 😀

Dari alasan ini saja sudah terlihat bahwa email ini adalah email palsu yang memang tidak perlu ditanggapi dan juga dianggap saja sebagai angin lalui, tetapi saya ingin mengetahui kemanakah diarahkan alamat link yang diberikan kepada saya, maka saya klik (ingat jangan sembarang klik jika komputer anda tidak terproteksi antivirus atau sejenisnya) dan saat saya klik saya diarahkan ke halaman yang mirip dengan halaman Norton tetapi saya tahu dengan pasti itu bukan Norton Internet Security karena ada yang beda walau hanya sedikit.

Karena saya tidak membuka lewat komputer untuk beberapa saat saya diamkan dan saya menunggu membuka lewat komputer agar bisa memeriksa dengan seksama. Benar saja saat saya klik link yang ditunjukkan saya di bawa masuk ke sebuah halaman web dengan logo Norton dan saya hafal bener logo norton bukan seperti itu (karena saya pelanggan norton antivirus yang berbayar) dan saya disuruh memasukkan email dan passwordnya… 🙄

Percobaan yang saya lakukan ini sebaiknya jangan ditiru, karena saya juga pernah terkena virus karena klik sembarangan padahal saya memakai Norton Internet Security dengan versi berbayar tahunan yang saya beli secara resmi di surabaya, tetapi masih bobol juga karena saya sengaja klik yang mana di halaman tersebut langsung menularkan virus dengan mematikan NIS nya.

email palsu

Dari pengalaman ini saya hanya menghimbau agar kawan-kawan berhati-hati dalam menanggapi sebuah email, jangan mudah panik dan periksa dengan teliti sebelum melakukan sesuatu, karena kebanyakan yang terjebak dengan penipuan adalah karena kurang teliti dan sedang tergesa-gesa. Pengalaman ini saya tulis agar menjadi pembelajaran yang lainnya. Terima kasih telah membaca artikel saya, semoga kita semua terjaga dari segala macam fitnah… Amin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.