Kembali ke sekolah lagi

Memulai tahun ajaran baru merupakan kegiatan yang tidak menyenangkan bagi sebagian anak yang sudah terlanjur lama libur. Karena merasa lebih enak bermain dirumah atau main dengan teman-teman sebayanya di kampung ataupun di gang tempat mereka tinggal.

Kembali kesekolah dengan semangat baru dan langkah baru untuk merai prestasi lebih dari tahun sebelumnya merupakan impian para bapak dan ibu terutama para guru pengajarnya. Karena dengan prestasi maka tingkat kehidupan bisa menjadi lebih baik. Apa yang kita inginkan di pendidikan anak kita?

Pendidikan yang lebih baik dari tahun kemarin. Misal saja pendidikan dengan sistem digital (saat ini lagi populer istilahnya). Istilah pembelajaran digital inipun beda-beda makna sesuai dengan pengetahuan dan bidang orang yang mengomentari.

Misal saja saya mengomentari pendidikan digital atau ditalisasi pendidikan adalah dengan penerapan IT ke pendidian contoh nyata laporan belajar dan juga laporan kelengkapan administrasi siswa ke orang tua secepat dan sefektif dalam kerangkah digital.

digitalisasi pendidikan dan pembelajaran

Contoh nyata saat anak belajar membaca maka akan ada laporan ke orangtua sampai dimana kemampuan dia untuk membaca dan memahami bacaan, hal ini sangat penting agar orang tua pun mengerti perkembangan anaknya singkat dan simple dan semuanya terkirim ke HP orang tua atau android orang tua saat guru selesai menulis laporan belajarnya.

Masalah andministrasi misal saja membayar SPP ada laporan singkat yang cepat dan efisien datang ke orangtua sesaat setelah menyelesaikan kewajiban membayarnya. Kalau ini banyak tetapi habis laporan itu trus tersusun dalam rekapitulasi baik tagihan maupun laporan bayar, serta fungsi pembukuan keuangan yang jelas dan terperinci, itu yang jarang dimiliki oleh software lain.

Apa lagi kita ingin mengabungkan digitalisasi pembelajaran secara akademis maupun secara administrasi dengan lengkap dan efesien tentu ini tidak mudah. Oleh karena itu perlunya sekolah atau yayasan menggandeng tim IT untuk membantu pelaksanaan belajar mengajar disekolah sangat dibutuhkan.

Bukan karena saya salah satu praktisi IT tetapi karena saya ingin agar dunia pendidikan di Indonesia berkembang ke arah modern baik secara administratif maupun secara metode pendidikan. Tulisan saya ini tidak banyak tetapi mungkin bisa menggugah ide para civitas akedemika. Jika ada yang ingin diskusi silahkan hubungi saya.

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.