Berbagi pengalaman perpanjang SIM secara online

Beberapa waktu lalu saya waktunya perpanjangan SIM (Surat Ijin Mengemudi) karena memang sudah habis masa berlakunya. Tanya ke teman yang baru memperpanjang ternya urusannya sekarang beda dengan yang dulu, kalau dulu hanya mencari surat keterangan sehat selanjutnya dibawa ke mobil perpanjangan SIM ataupun ke satlantas terdekat, lanjut foto dan bayar selesai. Kalau sekarang apa bedanya?

Untuk perpanjangan dan pembuatan surat ijin mengemudi (SIM) saat ini ada tambahan syarat yaitu ujian psikologi di tempat yang telah ditentukan pada tiap satlantas daerah. Ujian ini dilakukan bisa offline ditempat yang telah ditunjuk ataupun online.

Nah saat saya akan memperpanjang SIM yang hampir habis masa berlakunya, saya coba untuk menggunakan sistem perpanjangan secara online. Apa saja yang dibutuhkan? apa untungnya dan apa ruginya? dibawa ini akan saya uraikan berdasarkan pengalaman saya beserta pemecahan saat menghadapi kendala di aplikasi online digital korlantas ini.

Aplikasi yang harus diinstal

Agar bisa memperpanjang SIM secara online kita harus mempunyai HP android, karena setelah saya coba memakai komputer ternyata aplikasinya tidak support. Nah apa saja aplikasi yang perlu dan wajib diinstal di android anda? Saya sarankan anda memakai HP dengan versi android terbaru, karena nanti sangat berguna untuk proses. Berikut saya uraikan apa yang harus diinstal di android anda dan juga fungsinya, kenapa harus instal itu.

Digital korlantas

Aplikasi pokok yang harus diinstal adalah digital korlantas. Dimana kita bisa menemukan aplikasi ini? mudah saja kita ke playstore, selanjutnya ketikkan digital korlantas di pencarian dan langsung diinstal. Ingat ya instal pada android terbaru anda. Apa kegunaan dari aplikasi ini?

Aplikasi digital korlantas adalah aplikasi utama untuk pengurusan perpanjangan SIM online, baik pendaftaran SIM lama menjadi digital SIM maupun baru yang nanti akan anda peroleh.

Setelah instalasi berhasil, anda harus masuk aplikasi ini dengan cara mendaftar akun anda, dan nanti dibutuhkan token OTP yang terkirim ke nomor HP anda terdaftar. Ingat untuk proses ini tidak boleh ganti nomor HP dan pastikan saat meminta OTP nomor anda mempunyai pulsa yang cukup, minimal Rp. 1.000,- karena itu biaya untuk meminta token. Sebaiknya mengisi lebih misal Rp.10.000,- agar jika ada kegagalan anda tanpa perlu report isi ulang lagi.

Setelah berhasil masuk, selanjutnya akan ke proses pembuatan SIM baru (akan saya uraikan dibawa nanti) tetapi anda perlu untuk tes kesehatan dan psikologi terlebih dahulu. Dimana kita dapat aplikasi tes kesehatan dan psikologi? dibawa ini akan saya jelaskan.

e Rikkes

E-Rikkes merupakan aplikasi android yang digunakan untuk tes kesehatan saat perpanjangan SIM. Untuk mendapatkkan aplikasi ini anda cukup masuk ke webnya melalui browser android anda kemudian dilanjut instal aplikasi dari sana, hal ini otomatis terdeteksi jika android anda belum ada aplikasi E-Rikkes ini.

Agar dapat masuk ke aplikasi kita harus melakukan pendaftaran lagi, ingat kita harus mendaftar dengan nomor HP serta alamat email yang sama dengan aplikasi pokok digital korlantas agar semua hasil tes kesehatan nantinya otomatis terhubung dengan aplikasi utama.

Setelah melakukan pendaftaran dan sukses, anda masuk aplikasi dan melakukan screning kesehatan berdasarkan pertanyaan dan isian yang ditampilkan aplikasi, lalu membuat janji ketemu dengan petugas kesehatannya. Nah herankan? mengapa aplikasi online masih memerlukan ketemu dengan petugas? jangan heran karena perpanjangan SIM secara online sebenarnya tidak seratus persen online, masih ada periksa kesehatan yang secara nalar tidak bisa dilakukan secara online harus offline agar petugas bisa memeriksa dengan seksama.

ePPsi SIM

Aplikasi terakhir yang harus diinstal di android anda adalah ePPsi SIM, aplikasi ini berguna untuk melakukan tes psikologi bagi anda yang sedang melakukan perpanjangan SIM. Cara instalnya sama dengan e-Rikkes yaitu kita masuk webnya melalui browser di android anda kemudian kita instal dari sana.

Agar dapat masuk kita perlu melakukan pendaftaran, ingat isi dengan data yang sama seperti anda memasukkan data di aplikasi utama agar bisa sambung data ke data utama.

Setelah melakukan pendaftaramn kita bisa mengisi top-up agar bisa melakukan tes psikologi, setelah membayar kita bisa gunakan top-up tersebut untuk memulai tes, ingat harus hati-hati mengisi tes, karena ini merupakan syarat perpanjangan SIM anda, jika dinyatakan lolos maka urusan berikutnya lancar.

Cara pembayaran

Bagaimana melakukan pembayaran administrasi perpanjangan SIM secara online? ini merupakan pertanyaan yang sering diajukan bagi orang yang tidak pernah melakukan belanja online, hehehe… bergaurau jangan tersinggung. Untuk melakukan tahapan-tahapan pembuatan SIM ada beberapa yang harus dibayar. Nah kita bisa memilih melakukan pembayaran lewat aplikasi lain misal OVO dan sebangsanya. Disini saya contohkan OVO serta virtual akun BNI

OVO

Aplikasi OVO ini saya bahas karena dia salah satu aplikasi pembayaran generasi pertama, jika anda sudah terbiasa dengan OVO anda tinggal top up dan melakukan pembayaran disana. Tetapi saya pribadi lebih suka dengan virtual akun BNI karena tidak ribet harus mengisi top-up ke aplikasi lain dulu, walau ini juga bisa.

Virtual akun BNI

Saya pribadi lebih senang dengan create virtual akun BNI untuk melakukan semua pembayaran yang dibutuhkan saat proses perpanjangan SIM, mulai dari pembayaran uji psikologi dan proses pengajuan SIM. Kenapa saya lebih suka dengan pilihan ini? karena virtual akun ini bisa dibayar dimana saja termasuk OVO dan tentu saja m-BCA sehingga saya tidak perlu melakukan pemindahan dana dulu dari rekening saya.

Jika melakukan dari m-BCA caranya seperti ini : pertama masukkan virtual akun BNI ini ke daftar rekening bank lain, kemudian jika sudah terdaftar pilih transfer ke bank lain, pilih akun tersebut dan proses transfer pilih yang 6.500 karena yang 2.500 tidak bisa melakukannya. Kemungkinan belum kerjasama secara full atau besa sistem jaringannya sehingga perlu biaya administrasi yang mahal.

Pelaksanaan tes kesehatan

Tes kesehatan untuk pengajuan peranjangan SIM online ada dua tahap yang pertama tahap pendaftaran secara online dilanjut dengan pengisian semacam angket data kesehatan terakhir secara online, jika sudah kemudian kita mendaftar untuk janji ketemu dengan petugas.

Khusus daerah Gresik, dan  ungkin daerah lain juga terjadi. Bahwasanya tempat yang tertera di aplikasi dengan tempat yang sebenarnya berbeda. Saat saya melakukan tes kesehatan ini, ditunjukkan di aplikasi di puskesmas pusat dekat kantor polres lama. Tetapi saat saya kesana ternyata diberitahu bahwa saat ini tes dilakukan dio puskesmas satlantas gresik. Alasannya mereka tidak bisa update atau edit lokasi di aplikasi e-rikkes. Jadi sebaiknya tes saja di satlantas dulu daripada nanti kembali atau muter-muter di kota Gresik

Jarak puskesmas revisi dan yang ditunjuk oleh e-rikkes lumayan jauh sekitar 6 KM. Sayangnya tidak ada nomor telpon yang bisa dihubungi sehingga kita tidak bisa konfirmasi dulu.

Tambahan khusus: Nah ini juga khusus di Gresik, jika telah melakukan tes psikologi trus lanjut tes kesehatan ke satlantas, kita bisa langsung foto dan proses perpanjangan SIM selesai tinggal nunggu barangnya saja, bisa diambil ataupun dikirim ke rumah lewat POS Indonesia.

Proses pengajuan perpanjangan dan penerimaan SIM

Selanjutnya setelah mempersiapkan aplikasi dan juga pendaftara, anda perlu melakukan hal-hal berikut agar bisa melakukan perpanjangan secara online :

  1. Tes kesehatan yang prosesnya sudah saya jelaskan di atas dengan e-rikkes
  2. Tes psikologi prosesnya telah saya jelaskan berikut cara bayarnya agar kita bisa melakukan tes secara onlineplikasi ePPsi
  3. Siapkan SIM lama, saya kira ini pasti sudah siap karena saat awal membuka aplikasi digital korlantas sudah pasti diminta verifikasi dan pembuatan SIM digital, foto dan siap upload
  4. Foto dengan backgroun biru, file siap upload
  5. KTP untuk data isian dan juga diupload
  6. Tanda tangan di kertas putih dan buat fotonya untuk siap upload
  7. Selanjutnya ikuti proses sesuai dengan step yang ditampilkan dalam digital korlantas termasuk uploadnya juga
  8. Pilih pengirimannya atau bisa juga diambil sendiri. Pengalaman saya kalau kirim hanya nambah biaya kirim 7.500
  9. Siapkan rekening atas nama yang sama dengan nama untuk pengajuan SIM online ini. Rekening ini digunakan untuk pengembalian dana jika SIM ditolak tentunya setelah dipotong biaya admin
  10. Bayar pada hari yang sama agar pengajuan perpanjangan SIM online anda segera diproses
  11. Tunggu sampai barang datang
  12. Selesai

Kendala dan solusi

Saat menjalani pengajuan perpanjangan SIM secara online ini saya menemukan beberapa kendala yang akhirnya terpecahkan. Berikut ini sesuai pengalaman saya saat itu

  1. tidak bisa menerima OTP solusinya coba kirim pulsa yang ada di nomor tersebut
  2. tidak bisa verifikasi bank pengembalian dana solusinya cari HP baru dengan android baru selanjutnya instal digital korlantas, jika suda selanjutnya masuk dengan nomor HP yang telah didaftarkan, saat diminta verifikasi, copy verifikasi nya di pengiriman SMS pada HP lama (nomor lama) nanti otomatis akan terverifikasi –> proses ini ada biaya pulsa
  3. jika ingin bypass proses sebaiknya tes psikologi dulu dilanjut tes kesehatan, saat saya melakukan pengurusan ternyata bisa dibantu petugas langsung sehingga tidak perlu melakukan 12 tahapan diatas cukup foto dan menunggu hasilnya dirumah tentunya sudah melakukan pembayaran terlebih dahulu

Keuntungan perpanjangan SIM online

Aada beberapa keuntungan mengurus SIM dengan cara online, walau tidak 100% online karena ada tes kesehatan yang memang secara logika tidak bisa dikerjakan secara online.

  1. Praktis, karena kita dituntun untuk melakukan langkah-langkah perpanjangan sesuai prosedur melalui aplikasi android
  2. Hemat tenaga karena kita hanya perlu sekali datang ke tempat pemeriksaan kesehatan sebagai salah satu syarat perpanjangan SIM

Kerugian perpanjangan SIM online

  1. Lebih mahal, karena ada biaya-biaya administrasi serta biaya kemas dan kirim SIM hasil perpanjangan
  2. Perlu menunggu SIM datang setelah diproses, jadi ada jeda waktu antara cetak SIM dan penerimaan SIM
  3. Tidak full online, jika memang perlu melakukan pemeriksaan kesehatan tidak harus di satu tempat, maksudnya jika pemeriksaan dilakukan di puskesmas terdekat dan hasilnya diupload itu lebih efektif daripada harus datang kesatlantas hanya untuk pemeriksaan kesehatan

Proses pengurusan sim online

Nah demikian uraian saya bagaimana memperpanjang masa berlaku SIM secara online, keuntungan dan juga kerugiannya. Silahkan ini menjadi alternatif proses perpanjangan anda jika memang diperlukan.

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.