Apakah harus jadi youtuber?

Saat ini lagi ngetrend bisnis online jadi youtuber. Banyak yang mendapatkan hasil luar biasa disana. Namun pertanyaannya apakah harus dan hanya youtube yang bisa menghasilkan banyak uang? Tentu jawabnya tidak. Ini jawaban bagi mereka telah mengetahui nya. Nah bagi lainnya atau anak baru gimana? Coba saja anda browsing di google atau di mesin pencari yang lain dengan menggunakan kata kunci “mencari penghasilan di internet”

Youtube memang mudah untuk membuat kontennya, kita tinggal merekam tanpa harus mengetik, habis direkam bisa langsung diupload tapi jika bisa mengedit lakukan editing agar lebih bagus. Keuntungan lainnya adalah tanpa membutuhkan server, cuma memang ada syarat dan ketentuan agar bisa menghasilkan dari youtube kecuali digunakan sebagai media promosi gratis dan promosinya itulah yang bisa menjadi uang.

Apakah harus jadi youtuber?

Anda akan mendapatkan berbagai macam cara untuk menngais rezki melalui jalur internet diantaranya sebagai berikut :

Bergabung dengan Afiliasi

Bergabung dengan afiliasi ini maksudnya adalah bergabung untuk menjualkan barang orang lain yang memang membuka peluang untuk kerjasama dalam penjualan, biasanya komisi yang didapat sudah ditentukan diawal. Contoh amazon untuk luar negeri, sedangkan dalam negeri sangat banyak sebut saja sopee, tokopedia, lazada, buka lapak dan lain sebagainya. Coba baca artikel saya tentang tahukah anda dengan bisnis afiliasi?

Membuka Toko Online

Dengan membuat dan membuka toko online, cara ini sudah lama ngetren dan untuk saat ini harus ditambah dengan iklan agar toko onlinenya mudah menembus halaman satu di google, karena tanpa iklan tenaga kita akan habis hanya buat SEO saja sedangkan dalam menjual dengan toko online biasanya persaingan ketat dan menggunakan barang yang lagi trend. Iklan ini selain lewat google juga bisa melalui facebook, intagram ataupun twitter. Coba baca artikel saya tentang 5 langkah pertama membuat bisnis online

Membuat Blog

Membuat blog ini maksudnya adalah menjadi publisher atau membuat artikel yang bagus dan menarik yang kira-kira dibutuhkan oleh banyak orang misal saja tip perjalanan, cara membuat suatu barang, cara memperbaiki barang. Setelah membuat blog dan rutin update artikel kita bisa memasarkan produk orang (afiliasi) atau mendaftar sebagai publisher iklan misal google adsense.

Apakah cara ini efektif? saya pribadi belum tahu tetapi beberapa tahun lalu cara ini banyak digunakan orang sebagai sumber pendapatan bagi mereka yang tidak punya produk sendiri. Coba baca saja tentang publiser adense di tulisan saya mungkin bisa membantu judulnya bisnis adsense

Berjualan Software

Seperti yang sya lakukan yaitu menjual software bikinan sendiri yang kira-kira dibutuhkan oleh orang lain, kebetulan saya menjual software administrasi sekolah, silahkan dikunjungi barangkali bisa menjadi inspirasi anda.

Tidak harus membuat sendiri softwarenya, anda bisa bergabung dengan programer lain yang tidak suka tampil di area umum, dan juga tidak punya kemampuan untuk mempromosikan produknya ke orang lain. Apakah ada orang yang demikian? ada dan sangat banyak, silahkan dicari di kampus-kampus dan tentunya anda harus cukup selektif untuk mencari pasangan, jangan sembarangan, karena nama yang tampil adalah nama anda, sekali hancur maka kepercayaan orang akan hilang kepada anda.

Membuka Jasa Online Coaching dan Membuat Kursus Online.

Bagi mereka yang mempunyai ketrampilan dan keahlian khusus misal saja kemampuan menulis atau kemampuan bahasa asing, anda bisa menjualnya secara online. Contoh saja EF atau english first, mereka selain menjual secara offline juga menampilkan produknya secara online misal tentang grammar dan lain sebangsanya. Intinya anda menjual jasa spesifik.

Menawarkan Keahlian Desain Grafis

Nah ini sebenarnya banyak orang yang bisa dan mempunyai keahlian desain grafis cuma masalahnya banyak yang tidak berani untuk menjualnya dan menawarkannya secara online, padahal itu adalah peluang bagi mereka untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak daripada melakukan hanya dengan cara offline

Dari sini bisa dilihat betapa banyaknya peluang untuk menjadi bisnis online tidak melulu harus menjadi youtuber, apakah saya melarang atau tidak menyarankan menjadi youtuber? bukan tetapi saya hanya memperlihatkan peluang lain selain youtube.

Inti dari bisnis online adalah kemampuan untuk menyatu dengan sosial media dan bila perlu membuat blog atau website untuk mendukung bisnis online anda. Sosial media memang membantu tetapi ingat jangan terlalu berlebihan disana sebaiknya gunakan dengan bijak.

Jika memang anda ingin menjadi youtuber, maka jadilah youtuber yang baik jangan video karya orang lain diupload ulang hanya dengan edit thumbnail atau bahkan melakukan klik bait dengan cara yang tidak etis misal judul dan isi beda dan tidak berhubungan. Bahkan ada banyak youter reupload video ulama atau pemuka agama dengan judul yang cenderung menfitnah. Ini adalah suatu perbuatan yang sungguh buruk.

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.