Kendala dalam dunia wiraswasta

Dari beberapa artikel yang saya baca, kebanyakan mengatakan bahwa sebagian besar pebisnis awal akan hancur di tahun pertama. Nah ini merupakan kata-kata yang bisa dijadikan motivasi atau sebaliknya sebagai bom untuk membuat kita mundur dari dunia yang akan kita tekuni.

Sepanjang pengalaman saya sebagai seorang wiraswasta saya amati memang banyak disekitar saya orang yang bisnisnya tiba-tiba ditutup. Rata-rata mereka tidak bertahan karena banyaknya kendala yang merupakan pokok atau penggerak pokok bisnis mereka. Tulisan ini sengaja saya buat untuk sambungan dari tulisan saya tentang “Ini Resikonya Jika Anda Memulai Bisnis

Banyak contoh kendala pebisnis awal maupun pebisnis yang sudah lama atau senior. Namun bedanya adlah yang awal belum berpengalaman dalam menghadapinya serta merasa sesuatu yang berat, sedangkan yang senior sudah berpengalaman dan dia tenang hingga mampu memikirkan jalan keluar dari kendala tersebut.

Kendala dalam dunia wiraswasta

Contoh kendala pebisnis loundry, saya bahas loundry karena di sekitar saya banyak buka dan kemudian tutup pada bisnis loundry ini. Bisnis cuci mencuci dan perawatan pakaian ini mempunyai kendala paling besar adalah karyawan terutama karyawan untuk bagian strika.

Coba kita lihat yang dikerjakan pengusaha loundry ini hampir semuanya bisa dikerjakan dengan alat misal mencuci pakai mesin cuci, mengerikan pakai pengering, menstrika pakai mesin strika tetapi yang menggerakkan dan menghasilkan kualitas bagus untuk strikaan itu karyawan yang mempunyai keahlian khusus.

Nah disinilah awal pangkal tutupnya bisnis loundry, pertama saat tim lengkap bisnis jalan dengan aman, lama kelamaan order semakin banyak sehingga tukan strikanya merasa capek dan keluar. Jika dia keluar atau tidak ada tukang strika maka tutuplah bisnis ini, karena mencuci itu mudah dilakukan oleh orang lain.

Solusinya adalah hitung dan jaga beban kerja seorang karyawan tukang strika dengan penghasilan yang dia terima serta jangan sampai overload kerjaan, jika job semakin banyak segera cari tambahan tukan strika dengan catatan jangan memotong gaji karyawan lama dengan alasan beban berkurang.

Nah contoh lain rental komputer jasa ketik kehilangan karyawan ketikan, cuci motor kehilangan tukang cucinya, software house kehilangan programer dan masih banyak lagi kendala yang mungkin beda-beda tetapi kejadiannya sangat mirip dengan cerita diatas.

Akhir cerita yang terpenting adalah kontrol dan hubungan baik dengan karyawan akan meningkatkan kinerja perusahaan yang anda bangun, ingat karyawan juga manusia, jadi tetap perlu dijaga harkat danmartabatnya serta perasaannnya.

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.