Monday , 15 April 2024

Kiat menjaga kesehatan saat puasa ramadhan

Saya sengaja menulis ini untuk mengingatkan diri saya sendiri agar berlaku sehat terutama saat menjalankan puasa sebulan ini. Nah apa saja yang harus dilakukan? tentunya banyak sekali mulai dari menjaga makanan serta mengatur aktivitas dan juga istirahat. Puasa tahun ini memang luar biasa, karena sudah tiga hari selalu mendung, jadi bagi yang tidak terbiasa puasa sunnah akan terbantu banyak dengan cuaca yang tidak panas seperti ini. Sekarang apa yang baik dilakukan agar puasa kita menjadi lebih bermanfaat untuk kesehatan secara lahiriah, disini saya bukan menyampingkan urusan ruhaniah tetapi khusus dipembahan kali ini saya pilih topik itu.

Diawali saat sahur atau makan sebelum dimulainya puasa, kita usahakan jangan terlalu banyak karena kalau terlalu banyak akan menyebabkan kantuk yang berlebih saat habis sholat subuh. Terutama yang mengandung lemak dan juga karbohidrat, batasi dan masukkan secukupnya saja, yang penting imbang dan juga jangan lupa air yang cukup agar tidak kehausan saat puasa. Kalau bisa air ini dicicil sedikit demi sedikit mulai habis sholat taraweh jadi tidak langsung keluar lewat urin tapi sudah diserap tubuh dan masuk dalam sistem penyimpanan.

puasa sehat dengan berbuka yang sederhana dan sehat

Saya biasanya makan sahur agak akhir, alasan saya adalah agar lebih lama terasa kenyang. Ukuran saya sederhana saja, satu piring saya bagi 4 bagian, yang 2 bagian saya isi nasi, 1 bagian lauk dan 1 bagian sayur. Sebenarnya ini bukan ideal sich kata beberapa tulisan orang lain tetapi menurut saya ideal karena karbo buat bergerak di siang hari dan juga persiapan olah raga di sore hari.

selanjutnya setelah sahur itu sholat subuh, biasanya dan banyak dilakukan orang adalah tidur setelah sholat subuh. Tidur ini memang terasa enak sekali dan nyaman, karena perut kondisi kenyang, udara belum panas jadi nyaman sekali tidurnya. Tetapi ada bahaya dan juga kerugian lainnya yang akan kita terima sebagai konsekwensi jika kita tidur setelah subuh yaitu rasa haus saat bangun tidur, lemas dan juga tubuh kita cenderung bertambah berat alias mudah menjadi gemuk.

Kenapa menjadi gemuk? secara nalar saja sudah jelas, kita setelah makan tubuh akan mengolah makanan tersebut jadi energi, jika tidak digunakan apalagi dipakai tidur maka energi berlebih tersebut disimpan oleh tubuh dalam cadangan berbentuk lemak. Nah ini yang menyebabkan gemuk tadi. Oleh karena sebaiknya jangan dilakukan ya…

Selanjutnya kegiatan disiang hari, saya sendiri melakukan kegiatan seperti biasa yaitu didepan komputer hingga menjelang sore hari. Kemudian dilanjutkan olahraga sore hari tidak perlu lama cukup satu jam dan istirahat sebentar sambil mendinginkan badan karena habis olah raga diselah menunggu berbuka puasa.

Saat berbuka saya memakai air putih panas dan makan sayur bisa berupa salat dan sayur rebus biasa saja tapi ditambah telur rebus satu biji. Kemudian minum air putih secukupnya dan kita lakukan sholat maghrib dan isya’ dilanjut istirahat. Jadi intinya saya tidak makan berat saat berbuka, bukan dilarang dan juga tidak ada yang melarang teapi diri saya sendiri memilih untuk makan sayur saja.

Dengan pola yang demikian saya merasakan tubuh tidak lemas selama puasa dan juga malanya tidak mudah ngantuk. Coba dech resep saya ini, semoga bermanfaat buat anda juga…

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.