Tips cara membuat toko online dengan mudah

Saat ini memang lagi booming penjualan lewat toko online terutama jenis pakaian, saya tidak mengerti mengapa demikian tetapi dari pengalaman merawat toko online yang menjual pakaian hasilnya memang luar biasa dibandingkan jika kita manual menjual lewat toko offline dan juga toko online software produk saya juga sangat luar biasa.

Membuat toko online sangat mudah. Asal kita tahu instal wordpress atau WP yang sudah tersedia otomatis di control panel hosting yang memakai CPanel, tinggal klik langsung jadi. Kemudian kita membeli theme untuk toko online kita.

Jika untuk penjualan di Indonesia saya sarankan untuk mebeli theme buatan anak Indonesia, jika memang untuk penjualan internasional boleh lah memilih theme yang dibuat oleh orangluar. Atau kalau mau memakai plugin semacam penjualan di wordpress juga ada tetapi harus digandengkan dengan plugin lainnya misal saja WA gateway dan juga plugin untuk pengiriman yang gunanya mengetahui ongkos kirim secara real time.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan membuat toko online diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. kita bisa hemat waktu, promosi bisa dilakukan dari dalam rumah dengan catatan kita mempunyai jaringan internet
  2. kita bisa promo ke seseorang atau bahkan banyak orang dengan hanya memberikan link toko online kita
  3. kita bisa memperluas jaringan pemasaran kita
  4. kita juga bisa menjangkau konsumen lebih luas
  5. bisa memberi penjelasan detail barang yang kita jual sedetail mungkin sehingga mungkin lebih menarik pembeli

Nah sekarang bagaimana cara membuat toko online? sebenarnya membuat toko online tidak susah, langkah yang diperlukan hanya sebagai berikut :

  1. beli domain digunakan untuk memberi nama atau alamat panggil website kita
  2. beli hosting digunakan untuk menyimpan data website kita
  3. beli theme toko online, jika membeli theme dari karya anak bangsa (Indonesia) biasanya ada petunjuk instalasi serta ada grup untuk optimasinya.

demo toko online

Nah bagi anda yang masih bingung dengan 3 hal diatas saya bisa membantu, kontak saja saya lewat menu kontak atau KLIK DISINI atau baca-baca di website ini, insyaallah sudah lumayan untuk pengantar awal anda.

Saat ini banyak sekali theme yang ringan dengan model landing page. Apa sebenarnya theme landing page ini? theme ini sebenarnya didesain untuk penjualan mikro, satu jenis barang yang dipromosikan dalam satu website. Dan tentu saja dengan model ini kita bisa bebas membuat penjelasa, testimoni dan juga gambar ataupun video produk kita.

Dengan theme bentuk landing page juga biasanya sudah disiapkan untuk iklan baik di facebook maupun di google tetapi kebanyakan iklan di facebook dan grupnya (intsgram serta WA). Enaknya jika memakai iklan kita tidak perlu repot mengatur optimasi mesin pencari, karena kita sudah mewakilkan dengan membayar iklan. Tetapi ya tentu saja ada biaya tambahan untuk iklannya itu.

Dengan demikian kita hanya fokus pada konten promosi yang ada di website kita dan itupun hanya satu produk. Banyak cerita keberhasilan menjual barang dengan model ini yang sampai ratusan juta bahkan ada yang sampai nilai milyar dalam satu bulan. Tergantung teknik tulisan promosi atau yang lebih dikenal dengan nama copy writer.

Tulisan ini hanya sekedar pembuka jalan belajar saja, selanjutnya silahkan praktek sehingga anda mempunyai pengalaman untuk kemudian berkembang dengan pesat. Tanpa praktek ilmu anda sia-sia dan pelajaran yang saya tulis inipun akan sia-sia. 

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.