Monday , 26 February 2024

Mengupas Manfaat Menulis: Kunci Keseimbangan Pikiran dan Inspirasi Kreatif

Kali ini saya mencoba memberikan alasan kenapa menulis di blog ini? dan saya juga menganjurkan teman-teman yang membaca ini menulis baik di blog berbayar ataupun blog gratis seperti blogspot dan semancamnya. Walaupun saat saya menulis di blog ini mungkin tidak terbaca oleh google, tetapi saya tetap menulis. Hal terpenting bagai saya saat menulis adalah melampiaskan rasa yang ada di hati saya sehingga saya bisa terbebas dari rasa yang tidak enak dihati. Nah tanpa panjang kata pembuka selanjutnya adalah mengapa kita harus menulis?

manfaat menulis

Mengapa Kita Harus Menulis?

Menulis tidak hanya sekadar rangkaian kata-kata di atas kertas atau layar komputer. Ia merupakan kegiatan yang memiliki kekuatan luar biasa untuk mempengaruhi pikiran, emosi, dan kreativitas kita. Kalau masih ingat di waktu saya kecil saat sekolah SD banyak cerita tentang buku harian, dan kebetulan saya melakukan hal tersebut, yaitu menulis apapun yang ingin saya ceritakan kepada orang namun saya susah mengatakannya sehingga saya tulis dalam sebuah buku harian kecil. Hal tersebut berlanjut sampai saya kuliah.

Apa yang saya rasakan saat menulis tersebut? semua beban atau rasa himpitan dalam dada seperti terurai. Saat saya tidak punya ide, saya juga menulis, yang pada akhirnya keluar juga ide tulisan tersebut. Ketrampilan saya bercerita dalam menulis saya tuangkan dalam sebuah blog untuk kerja saya (sebagai produsen software administrasi pendidikan) yaitu wongmultimedia.com coba saja kunjungi disana bukan ada penawaran software tetapi hanya cerita software, namun hasilnya alhamdulillah…

Kesehatan Mental yang Ditingkatkan oleh Menulis

Jika kita melihat dari sudut pandang psikologis (saya bukan orang psikolog namun saya suka baca buku tentang ini), menulis telah terbukti menjadi alat yang efektif untuk mengurangi stres, mengatasi kecemasan, dan bahkan membantu orang untuk memahami dan mengatasi berbagai masalah psikologis yang mereka hadapi.

Menulis memiliki kekuatan untuk meredakan beban emosional dan mengangkat kesehatan mental. Melalui kata-kata yang tercurah, aktivitas ini menjadi semacam jendela ke dalam pikiran kita sendiri. Proses menuangkan pemikiran dan perasaan ke dalam tulisan tidak hanya mengungkapkan apa yang kita rasakan, tetapi juga memberikan kesempatan untuk mengorganisir dan merenungkan masalah-masalah yang mungkin membebani pikiran. Inilah bagaimana menulis bertindak sebagai terapi, membantu mengurangi stres, kecemasan, dan memberikan rasa lega yang mungkin sulit ditemukan dalam aktivitas lain.

Lebih dari sekadar rangkaian kata, menulis menjadi alat yang ampuh untuk menyusun pikiran yang membingungkan dan menyortir emosi yang rumit. Dalam keheningan kata-kata, kita menemukan ruang untuk memahami diri sendiri dengan lebih baik. Ini adalah perjalanan introspeksi yang membangun ketahanan mental, membantu mengatasi rintangan psikologis, dan memperkuat fondasi kesehatan jiwa kita.

Kreativitas yang Terpancing Melalui Aktivitas Menulis

Seperti yang saya katakan diawal bahwa menulis tidak hanya bermanfaat untuk mengeluarkan ide-ide yang ada di pikiran kita, tetapi juga membantu memicu kreativitas. Tulisan ini akan menguraikan bagaimana proses menulis dapat menjadi pemicu inspirasi, membuka pintu untuk ide-ide segar, dan mengembangkan kreativitas dalam segala aspek kehidupan.

nah kebiasaan sejak kecil saya itulah yang membantu saya bagaimana menyusun proposal tentang sebuah software dan kemudian menuangkan dalam sebuah alogaritma sederhana yang akhirnya diterjemakan oleh para penulis program yang saya miliki, yang akhir menjadi suatu produk software. Memang pada akhir tetap kita koreksi hasil program tersebut, tetapi lebih mudah karena sudah ada batas-batas dan juga rancangan awalnya. Kalau secara teori ini dinamakan manajemen project.

Menulis untuk Diri Sendiri dan Dunia Luar

Terakhir, tulisan ini akan merangkum bagaimana menulis tidak hanya menguntungkan bagi diri sendiri, tetapi juga memiliki potensi untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan inspirasi kepada orang lain. Dengan mengeksplorasi manfaat menulis untuk diri sendiri dan masyarakat luas, pembaca akan merasa terinspirasi untuk mulai menulis lebih sering.

Walaupun tulisan kita serasa kurang banyak pembacanya, namun saya yakin satu dari sekian orang yang membaca tulisan ini akan memperoleh manfaat sekedar unek-unek saya tentang bagaimana menulis dan apa pentingnya menulis. Semoga bermanfaat

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.