4 Syarat Pesantren dikatakan Modern

Pendidikan di Indonesia ini tidak lepas dari warna pendidikan pesantren, sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam tentunya belajar secara dasar itu sudah biasa dan secara naluri wajib bagi anak-anak. Lihat saja di kampung-kampung di pelosok desa walaupun disana sarana sekolah hampir tidak ada (ada tapi minim) atau bahkan di daerah yang semangat sekolah masyarakat minim biasanya mereka masih belajar minimal mengaji atau membaca Al-Quran.

Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa basic atau dasar pendidikan sebagian besar masyarakat Indonesia adalah pesantren walaupun mereka tidak tinggal di lokasi tetapi mereka mengikuti kajian dan juga belajar dasar tentang agama ke pondok. Saya masih ingat saat kecil tinggal di pesantren dan sebagian dari teman saya sekolah diniyah saya adalah teman-teman yang tinggal disekitarnya, ini luar biasa kenapa demikian? karena mereka mengikuti sekolah tanpa paksaan dari pengurus sebagaimana saya yang sekolah karena adanya peraturan 🙂  (sekolah diniyah adalah sekolah khusus agama)

Sistem informasi pesantren

Nah untuk itulah sebagai benteng terakhir pendidikan bangsa seharusnya dikelolah lebih bagus lagi, terutama dibidang administrasinya. Terus terang saja saya dulu pernah belajar di sini beberapa tahun dan disana banyak saya temui apa saja kekurangan dalam pengelolaan administrasi pesantren.

Saat ini telah banyak dikenal istilah pesantren modern, menurut saya pesantren dikatakan modern jika memiliki hal ini:

  1. Mempunyai gedung yang layak huni
  2. Mempunyai madrasah yang tersistem
  3. Mempunyai perpustakaan, menurut saya ini wajib karena tanpa perpustakaan maka akan kesulitan untuk memberikan literatur kepada para santri
  4. Mempunyai Sistem Informasi Pesantren

Dari uraian diatas sebenarnya yang paling menentukan modern tidaknya adalah point ke-4. Mengapa demikian? karena jika sudah mempunyai point ke-4 tentu point 1 – 3 sudah memiliki tinggal kontrolnya saja, dan kontrol itu terletak di point 4. Sistem Informasi Pesantren adalah software yang berguna mengatur administrasi pesantren, mengapa perlu software? karena berdasarkan pengalaman saya waktu tinggal di pesantren yaitu tidak adanya sistem arsip yang terawat meskipun ada kita akan kesulitan mencari data santri lama yang sudah ratusan ribu jumlahnya, tetapi dengan software yang tepat kita hanya mengetik namanya saja sudah keluar datanya dalam waktu tidak sampai satu detik.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan saya, semoga bermanfaat. Amin… ingin tahu lebih lanjut hubungi saya di SINI atau langsung ke websitenya Wong Multimedia Indonesia

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.