Monday , 15 April 2024

Kenapa akun facebook bisa diambil oleh orang yang tidak berhak?

Kemarin saya mengalami hal yang tidak mengenakkan yaitu akun facebook pribadi saya yang saya buat sejak awal hingga sekarang tiba-tiba diambil alih oleh orang yang tidak dikenal dan dia menghapus alamat email serta nomor HP yang saya pakai dalam akun tersebut, seta tidak lupa dia juga mengganti password saya.

Kenapa akun facebook bisa diambil oleh orang yang tidak berhak?

Pertanyaannya adalah mengapa ini semua bisa terjadi? Setahu saya, ada beberapa alasan mengapa akun Facebook dapat diambil oleh orang yang tidak berhak:

  1. Kehilangan akses ke email dan password : Jika seseorang memiliki akses ke email dan kata sandi, maka mereka dapat mengambil alih akun Facebook dengan mudah. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa email dan kata sandi aman dan tidak mudah ditebak. Ini tidak terjadi pada saya, karena saya memakai email pribadi dan tidak pernah saya pakai secara umum.
  2. Phishing : Serangan phishing adalah teknik yang digunakan oleh penjahat cyber untuk mendapatkan informasi pribadi dari dengan membuat situs web palsu yang meniru situs web asli, seperti Facebook. Jika secara tidak sengaja memasukkan informasi pribadi di situs web palsu tersebut, maka penjahat cyber akan memperoleh akses ke akun Facebook. Ini juga tidak terjadi dengan saya.
  3. Malware : Jika komputer atau perangkat seluler terinfeksi oleh malware, maka penjahat cyber dapat memperoleh akses ke akun Facebook dan informasi pribadi.
  4. Kekurangan keamanan pada Facebook : Terkadang, Facebook dapat memiliki kelemahan keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh penjahat cyber untuk mengambil alih akun pengguna.

Dari keempat alternatif ini kemungkinan besar adalah malware dan kekurangan keamanan pada Facebook. Kemudian saya coba analisa apa yang saya kerjakan sebelumnya dan dugaan saya adalah saya telah instal suatu aplikasi palsu yang juga dipromosikan lewat FB dan saya telah melakukan kebodohan itu. Catatan software yang saya instal bukan ilegal tetapi dipromosikan FB ads dengan diskripsi sebagai inovasi baru dan juga prototipe percobaan aplikasi.

Kekurangan keamanan pada FB ini menurut saya yaitu pengamanan pakai token plus bisa di bypass oleh malware tersebut, sehingga dia bisa masuk pada komputer lain dengan merekam tindakan kita di chrome, namun pada opera tidak bisa dia lakukan sehingga akun cadangan aman. Seperti perangkat lunak lainnya, Facebook dapat memiliki kelemahan keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh penjahat cyber untuk mengambil alih akun pengguna.

Saya sama sekali tidak sadar saat melakukan itu, biasanya saat saya download saya memeriksa sumbernya dan saya pastikan bebas dari hal-hal yang aneh menurut saya, namun kali ini saya kena apes yang diakibatkan oleh kurang waspada saya terhadap tindakan demikian.

Lalu bagaimana cara mengambil alih akun tersebut? ternyata oleh FB akun saya di non aktifkan sesaat setelah password diganti oleh pengambil alih tersebut. Ini ada untungnya juga ada ruginya. Saya tidak bisa mengambil alih lagi menunggu masa tenggang itu kerugian yang saya terima tetapi untungnya akun saya tidak dapat digunakan apapun oleh mereka, karena telah diblokir.

Ada yang memberi saran agar kontak orang facebook untuk meminta bantuan mereka, saya coba lihat orangnya nampaknya dia juga sibuk dengan kasus baru ini. Saya putuskan menunggu dulu saja. Semoga nanti bisa diambil alih lagi.

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.