Mengapa berat badan dan metabolisme tubuh saat hamil berubah?

Banyak keluhan para ibu muda kenapa saat hamil berat badannya meningkat dengan pesat tetapi susah turun setelah sang bayi dilahirkan, nah saya akan coba menjelaskan secara keilmuan saya dengan bahasa yang mungkin lebih mudah dimengerti. Ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan antara 6,5 sampai 16,5 kilogram selama masa hamil, atau terjadi kenaikan berat kira-kira setengah kilogram perminggu.

Kenaikan berat badan pada ibu hamil ini wajar terjadi mengingat janin yang berkembang dan juga cairan ketuban ikut andil dalam penambahan berat badan ibu hamil, cuma sering kali ibu hamil mengambil alasan ini untuk mengkonsumsi makanan yang jauh melebihi yang dibutuhkan dengan alasan makannya untuk sang janin padahal itu hanya pelampiasan nafsu ingin ngemil saja. Tapi hal ini juga wajar karena secara psiologis ibu hamil ingin sekali diperhatikan alias ngalem sama suaminya dengan pelampiasan meminta makanan yang aneh-aneh (saya juga begitu kok hehehe…)

Selain kenaikan berat badan ibu hamil juga mengalami perubahan metabolisme. Metabolisme ibu hamil mengalami perubahan yang kompleks sehingga memerlukan asupan nutrisi yang tinggi untuk pertumbuhan janin dan persiapan laktasi (pemberian ASI pada bayi). Tapi perlu diingat bahwa hal ini bukan alasan bagi ibu untuk mengkonsusmi makanan yang berlebihan.

perubahan berat tubuh hamil

Perincian kebutuhan kalori ibu hamil sebagai berikut (istilah kandungan makanan disini mungkin agak susah bagi yang belum mengerti ilmu kesehatan, silahkan dikonsultasikan dengan bidan anda atau dokter anda secara lebih mendetail) :

  • Karbohidrat : 2300 gram kalori
  • Protein : setengah gram per kg berat badan atau sebutir telur ayam per hari
  • Kalsium : 1,5 gram per hari, 30 – 40 gram untuk pertumbuhan tulang janin
  • Fosfor kurang lebih 2 gram per hari
  • Fe (zat besi) 800 gram atau 30 – 50 gram per hari
  • Air, saat hamil air diperlukan cukup banyak

Demikian secara singkat tulisan saya semoga mudah dimengerti, jika kesusahan silahkan kunjungi web saya dan nanti kita bisa berdiskusi lebih lanjut disana mengenai masalah kesehatan wanita, kebidanan dan lain sebangsanya.

ditulis oleh: Priestin Dian Prawesty (Bidan Senior RSUD Ibnu Sina Gresik Jatim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.