Thursday , 25 April 2024

Menyambut romadhon tahun 2013

Alhamdulillah sebentar lagi bulan Romadhon untuk tahun 2013M, disini sengaja saya gunakan bulan hijriyah tetapi tahun qomariah (masehi) hal ini bertujuan untuk mengingatkan saya sendiri karena saya biasa menggunakan kalender masehi daripada hijriyah dan ini menyebabkan saya lupa sekarang tahun berapa untuk kalender hijriyah.

Lupa akan kalender hijriyah saya rasa bukan saya sendiri yang mengalaminya mungkin ada jutaan orang di Indonesia ini yang lupa tahun berapa sekarang untuk kalender hijriyah, tapi akan segera ingat manakala di semua stasiun televisi dan radio serta media internet mengabarkan tahun hijriyah…. hehehehe…. manusiawi kan… (ngeles mode on) 😀

rukyatul hilalSaya sebenarnya ingin menulis tentang perbedaan awal bulan puasa tahun ini, kebetulan saya malam tadi melihat tayangan diskusi atau sekedar bincang-bincang mengenai awal bulan puasa di TVOne dan kebetulan juga salah satu pembicaranya saya kenal baik Pak Agus Purwanto (beliau dosen saya waktu kuliah S1 di ITS) dan menurut saya kesimpulan dari pembicaraan tersebut adalah “awal puasa sebenarnya menurut perhitungan atau hisab dari Muhammadiyah dan NU sama tetapi sudut pandang penentuan puasa yang beda. Wujudul hilal atau rukyatul hilal? jika wujudul hilal maka saat ada hilal (tanpa harus melihat) sudah masuk bulan, jika rukyatul hilal maka harus terlihat hilal baru masuk bulan dalam pandangan rukyatul hilal walaupun bulan ada tetapi jika tidak terlihat maka belum masuk”

Nah dari kesimpulan ini saya berpendapat bahwa selamanya akan terjadi perbedaan karena memang beda penentuan sudut pandang. Harapan saya hal ini tidak mengganggu ibadah di bulan yang suci ini, tidak ada oknum yang tidak punya pengetahuan tetapi berkomentar pedas pada salah satu organisasi. Saya banyak sekali mengetahui kalo di FB atau Twiter status atau komentar yang jelas sekali terlihat dia tidak faham akar permasalahannya tetapi menghujat saudaranya. Perbedaan ini merupakan ujian bagi kaum muslim di Indonesia jika tetap saling menghormati dan menghargai saya yakin Allah akan meridhoi…. Amin! terimakasih telah berkunjung dan membaca website saya.

About Fauzi

Nama saya Fauzi lebih dikenal dengan nama Fauziwong, saya seorang aktifis dibidang pendidikan khususnya pembangunan sistem informasi sekolah terpadu, pengalaman saya lebih dari 10 tahun dimulai tahun 2006, baik untuk bisnis via internet online dan juga off line

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.